Menuju Pemilu Serentak, Sekretaris KPU Kaltim Sebut Logistik Pemilu Terdistribusi

4 Komisioner KPU Kaltim dalam Rapat Koordinasi Persiapan Rekapitulasi dan Penetapan DPTb-2 Provinsi Kalimantan Timur. (foto : LVL)

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : 42 hari jelang pemungutan suara pada Pemilu serentak 17 April 2019 digelar, Sekretaris Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaltim Haji (H) Syarifuddin Rusli memastikan seluruh logistik Pemilu telah terdistribusi ke Kabupaten/Kota, terutama yang pengadaannya melalui E-Katalog.

Keterangan tersebut disampaikannya saat ditemui di sela-sela kegiatan Rapat Koordinasi Persiapan Rekapitulasi dan Penetapan DPTb-2 Provinsi Kalimantan Timur dan Kabupaten/Kota seluruh Kaltim di Hotel Midtown Samarinda, Kamis (7/2/2019) pagi.

“Mulai beberapa hari yang lewat sudah dilakukan sortiran (surat suara),” jelas H Syarifuddin kepada DETAKKaltim.Com.

Iapun menyampaikan jika sekiranya terjadi kekurangan supaya segera dilaporkan ke pihaknya, akan segera dimintakan ke penyedia. Sejauh ini ia telah menerima laporan adanya kerusakan itu, namun jumlahnya masih sekitar ratusan di 10 Kabupaten/Kota sehingga masih bisa tertutupi dengan kertas suara cadangan.

Meski demikian, ia tetap meminta ke Kabupaten/Kota untuk segera melaporkan jika terjadi kerusakan. Tidak perlu menunggu selesai pelipatan kertas suara.

“Surat suara yang rusak kita mintakan, langsung kita mintakan karena penyedia sudah siap,” jelasnya.

Saat disinggung mengenai batas akhir pelipatan kertas suara, H Syarifuddin mengatakan tidak ada batasnya namun dikerjakan sampai selesai dan akan selesai dalam waktu dekat.

Terhadap kotak suara, lanjutnya, juga ditemukan adanya kerusakan namun jumlahnya hanya puluhan. Sehingga ia memastikan kotak suara aman. Kalaupun kemudian terjadi kekurangan bisa menggunakan kotak suara yang lama. Itu tidak menyalahi aturan. (LVL)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password