IPDP Kaltim Dorong Pelestarian Perahu Tambangan

Ketua IPDP memperlihatkan perahu Tambangan. (foto : Gladis)

Diharapkan Jadi Ikon Destinasi Wisata Kota Tepian

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Untuk memajukan Sektor Pariwisata serta melestarikan Alat Transportasi Bahari di Sungai Mahakam, Ikatan Putra Daerah Peduli (IPDP) Kalimantan Timur akan menggelar event di sepanjang Sungai Mahakam.

Event yang diberi tema Lestari History tersebut akan berlangsung hari Sabtu 16 Februari 2019. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Ikatan Putra Daerah Peduli, beserta Dinas Pariwisata dan Dinas Perhubungan Kota Samarinda, saat menggelar jumpa pers di Dermaga Mahakam Ilir Pasar Pagi, Selasa (12/2/2019).

Selain membahas tentang peningkatan Pariwisata, kegiatan yang rencanya melibatkan puluhan Perahu Tambangan itu bertujuan untuk menghidupkan kembali akses Tambangan atau transportasi kapal penyeberangan dari Samarinda Kota Ke Samarinda Seberang.

Bukan itu saja, pihak IPDP mendorong event itu menjadi ikon Destinasi Wisata di Kota Samarinda seperti sejarah dulu yang pernah ada di Kota Tepian.

Ketua IPDP Kaltim Kota Samarinda Apri Gunawan mengatakan, event yang akan digelar nanti diharapkan akan tetap melestarikan Perahu Tambangan yang ada di Sungai Mahakam. Iapun berharap kepada Pemerintah Kota Samarinda untuk lebih mempedulikan serta melestarikan alat transportasi bahari tersebut.

“Tiap tahun Tambangan yang merupakan alat transportasi bahari ini semakin sedikit, semoga tambangan ini menjadi perhatian Pemerintah Kota Samarinda untuk menjadi ikon Pariwisata Kota Samarinda. Oleh karena itu harus dilestarikan,” ujar Apri Gunawan kepada DETAKKaltim.Com.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Kota Samarinda Muhammad Faisal mengapresiasi apa yang dilakukan Putra Daerah yang peduli terhadap sektor Pariwisata, iapun berharap komponen masyarakat lebih peduli lagi terhadap Pesona Kota Samarinda.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini,  bahwa ada masyarakat yang peduli wisata. Mudahan-mudahan ini menjadi dorongan bagi masyarakat untuk terus sadar dan lebih peduli terhadap wisata, kami akan mendorong agar ini menjadi ikon destinasi wisata di Samarinda,” ujar M Faisal. (Gladis)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password