Temui Ribuan Demonstran, Wagub Kaltim Berjanji Tinjau Ulang Jatah Kukar

H.Hadi Mulyadi, Wakil Gubernur Kaltim temui demonstran yang menuntut pembagian 50 persen untuk Kukar dari 10 persen Participating Interest atas Blok Mahakam yang dikelola Pertamina Hulu Mahakam. (foto : Gladis)

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Kebijakan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur tentang  pembagian Participating Interest (PI) 10 persen hasil Blok Mahakam, dengan skema 66,5 % untuk Pemprov Kaltim dan 33,5% untuk Kukar yang diputuskan pada masa Pemerintahan Awang Faroek Ishak akan ditinjau ulang. Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi saat menemui massa aksi demontrasi, Kamis (27/12/2018).

Menurut Hadi, pembagian PI Blok Mahakam yang baru akan dibahas ulang kedua belah pihak, yakni Pemprov Kaltim dan Pemda Kukar.

Hadi meminta masyarakat Kukar agar bersabar menunggu hasil selanjutnya, karena ia sadar tidak bisa memberikan keputusan langsung lantaran sebelumnya pembagian PI Blok Mahakam sudah tertuang pada Pergub.

“Pembagian PI Blok Mahakam sudah dituangkan pada Pergub dan Keputusan Menteri, tidak mungkin saya buat keputusan di sini. Saya harus membicarakan masalah ini dengan Gubernur dan pihak-pihak terkait, masalah ini harus diselesaikan dengan prosedur yang berlaku,” ujar Hadi di tengah-tengah massa aksi yang memenuhi jalan di bagian depan Kantor Gubernur.

Hadi juga berharap agar pembagian PI Blok Mahakam tersebut benar-benar digunakan untuk mensejahterakan masyarakat, selain itu ia berjanji akan melakukan audit internal jika nanti PI Blok Mahakam dibagi 50:50.

“Saya akan sampaikan ke Gubernur untuk dicabut Pergub tahun 2017,dan kita akan hitung ulang. Jika nanti pembagian 50:50 sudah direalisasikan pastikan uang itu untuk kepentingan masyarakat, nanti akan kita audit,” tambah Hadi yang disambut tepuk tangan meriah dari massa aksi.

Berita terkait : Soal PI Blok Mahakam, Koalisi Rakyat Kukar Bersatu Tagih Janji Kampanye Gubernur Kaltim

Hadi juga sangat mengapresiasi tuntutan masyarakat Kukar, lantarannya apa yang menjadi tuntutan masyarakat sama dengan yang ada di dalam pikirannya. Iapun mengatakan komitmennya untuk mensejahterakan masyarakat Kaltim, salah satunya yakni dengan meninjau ulang pembagian PI Blok Mahakam.

Ribuan massa yang mengatasnamakan dirinya Koalisi Masyarakat Kukar Bersatu (KMKB) menggelar aksi demonstrasi di depan Kantor Gubernur, Jalan Gajah Mada Samarinda. Pada aksi tersebut massa menuntut Pemprov Kaltim agar membagi PI Blok Mahakam 50 % untuk daerah Kutai Kartanegara. (Gladis)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password