Gudang dan Logistik Pemilu Aman, Kesbangpol Bantu KPUD PPU

Imel dan Winda menunjukkan logistik Pemilu 2019 di dalam Gudang KPUD PPU. (foto : LVL)

DETAKKaltim.Com, PPU : Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dipastikan telah menerima logistik untuk pemilihan aggota legislatif, Dewan Perwakilan Daerah, dan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019.

Pantauan DETAKKaltim.Com di gudang logistik KPUD PPU terhadap bilik suara dan kotak suara nampak tersusun rapi secara terpisah. Selain itu, pada bagian bawah dipasang papan palet sehingga tidak bersentuhan langsung dengan lantai. Kondisi gudangnya terbilang bagus, sebuah Ruko permanen yang masih baru dan berada cukup tinggi sehingga aman dari banjir yang berpotensi merusak logistik Pemilu tersebut.

Nurwati, Kesbangpol PPU. (foto : LVL)

Menurut Imel, salah seorang tenaga staf KPUD PPU yang mengantar ke gudang logistik, sebelum logistik tersebut dimasukkan terlebih dahulu gudangnya dibersihkan dan disemprot untuk menghindari gangguan hama tikus dan hama lainnya. Setelah itu diberikan Kapur Barus.

“Sebelum dimasukkan terlebih dahulu gudangnya disemprot, habis itu dikasi Kapur Barus,” kata Imel didampingi Winda, Kamis (13/12/2018).

Linda Marlis, Kasubag Keuangan, Umum dan Logistik (KUL) KPUD PPU menjelaskan jumlah bilik suara yang diterima sebanyak 470 unit yang dikemas dalam 47 boks pada hari Minggu 25 November 2018. Sedangkan kotak suara diterima sebanyak 2.609 unit dalam 522 boks, diterima pada hari Senin 29 Oktober 2018.

Untuk pendistribusiannya nanti, Linda yakin tidak ada masalah. Karena berdasarkan pengalaman saat Pilgub dan Pilkada baru-baru ini semuanya lancar. Meski ada 3 tempat pendistribusiannya melalui laut, masing-masing Pantai Lango, Jenebora, dan Gersik.

“TPS terjauh itu ada di Sepaku, pengalaman waktu Pilgub dan Pilkada semua lancar,” kata Linda.

Terpisah, Kepala Kesbangpol PPU Rahman Nurhadi selaku Sekretaris Desk Pilkada melalui Kabid Poldati PK dan Wasnas Nurwati mengatakan, pihaknya membantu KPUD PPU untuk pelaksanaan Pemilu yang aman, lancar, dan tertib mulai dari sekarang, pada pelaksanaannya, hingga pasca Pemilu nanti.

“Di sini tugas kita memantau dan melaporkan jika ada gangguan keamanan dan ketentraman yang mengancam pelaksanaan Pemilu,” kata Nurwati.

Terkait dukungannya dalam pendistribusian logistik Pemilu, Nurwati mengatakan kesiapannya jika dibutuhkan. Ia juga mengetahui setidaknya ada 3 tempat yang pendistribusian logistiknya melalui laut, namun sebenarnya bisa juga dijangkau lewat darat.

“Tidak ada masalah kalau dalam distribusi (logistik) mengacu pada Pilkada kemarin,” tegasnya.

Ia juga optimis Pemilu ini bisa berjalan lancar dengan dukungan tim yang dibentuk dari berbagai unsur keamanan, baik dari Polisi, TNI, Satpol PP, dan juga Camat serta OPD terkait. (LVL)       

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password