Berawal dari Informasi Masyarakat, Polisi Samarinda Amankan 1 Kg Sabu

Tersangka Za dengan barang bukti yang disita anggota Kepolisian Polresta Samarinda. (foto : 1st)

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Satuan Reserse Narkotika dan Obat Berbahaya (Satresnarkoba) Polresta Samarinda, kembali menggagalkan peredaran Narkoba jenis Sabu di wilayah hukumnya dalam jumlah besar, Rabu (5/12/2018) sekitar Pukul 18:30 Wita.

Dijelaskan Kapolresta Samarinda Kombes Vendra Riviyanto melalui Kaur Ops Satresnarkoba Ipda Edi Susanto, anggota Satresnarkoba telah menangkap seorang laki-laki berinisial Za (34) dengan barang bukti 1 Poket Sabu Seberat 1.032,8  Gram/Brutto.

Polisi juga mengamankan barang bukti lain dari tempat kejadian perkara (TKP) di Jalan Ring Road, depan Perumahan Royal Regency, Kelurahan Air Putih, Samarinda Ulu, berupa 2 buah plastik hitam merk juice ematic, 1 buah plastik bening, 1 buah bungkus Teh merk guanyinwang, 1 buah tas warna coklat merk bluffer, 1 unit Sepeda Motor Mio Soul GT warna oranye hitam dengan plat nomor KT 6832 RE, dan 1 unit Handphone merk Samsung Android warna hitam.

Lebih lanjut Ipda Edi menjelaskan kronologis penangkapan terhadap terduga pelaku yang beralamat di Jalan Hasan Basri Gang 01, Kelurahan Bandara, Sungai Pinang, Samarinda, bermula saat anggota Satresnarkoba mendapatkan laporan dari masyarakat.

Disebutkan dalam laporan tersebut bahwa di Jalan Ring Road, tepatnya di depan Perumahan Regency sering dijadikan sebagai tempat transaksi Narkoba. Anggota Satresnarkoba kemudian melakukan penyelidikan. Saat penyelidikan terlihat 1 unit motor dengan plat KT 6832 RE yang dikendarai 2 orang laki-laki berhenti di depan Perumahan Royal Regency.

Kemudian laki-laki yang dibonceng turun dari motor lalu berjalan mengarah ke daerah taman bertuliskan Royal Regency, dan terlihat mengambil 1 buah tas warna coklat. Pada saat hendak didatangi laki-laki yang belakangan diketahui berinisial Za kembali meletakkan tas tersebut.

Saat dilakukan penangkapan dan meminta untuk membuka tas yang sebelumnya sudah diambil lalu diletakkan kembali, terlihat 1 bungkusan plastik warna hitam.

“Pada saat dibuka terlihat satu bungkusan plastik warna hitam, dan dibuka kembali terdapat satu bungkusan Teh Gunyinwang yang di dalamnya berisikan satu bungkus Sabu seberat 1.032,8 Gram/Brutto,” ungkap Ipda Edi di Mapolresta Samarinda, beberapa saat usai penangkapan.

Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, tersangka dan barang bukti kemudian digelandang ke Polresta Samarinda guna menjalani proses hukum lebih lanjut. Terduga pelaku yang telah ditetapkan sebagai tersangka terancam dijerat Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika Pasal 112 ayat (2) dan atau Pasal 114 ayat (2) dengan hukuman paling singkat 6 tahun paling  lama 20 tahun penjara. (LVL)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password