Wagub Kaltim Sambut dan Lepas Batik Air di APT Pranoto, Hadi : Buka Semua Jalur

Pesawat Airbus A320 dari Maskapai Batik Air mendarat mulus di Bandara APT Pranoto, ini merupakan pendaratan pertama. (foto : LVL)

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Bandara Aji Pangeran Tumenggung (APT) Pranoto Samarinda kembali mendapat kehormatan hari ini, saat Pesawat Batik Air jenis Airbus A320 mendarat untuk pertama kalinya, Rabu (21/11/2018) sekitar Pukul 13:50 Wita.

Pendaratan pesawat dengan Kapten Pilot Arif yang membawa ratusan penumpang ini menandai dimulainya rute penerbangan Jakarta-Samarinda-Jakarta oleh Batik Air, yang berada dalam Lion Air Group. Kapten Pilot Arif merupakan pilot senior di Batik Air.

Wagub Kaltim Hadi Mulyadi bersiap mengalungkan bunga kepada CEO Batik Air, Achmad Lutfie. (foto : LVL)

Hadi Mulyadi, Wakil Gubernur Kaltim yang menyambut kedatangan Batik Air langsung mengalungkan bunga kepada CEO Batik Air Achmad Luthfie, di depan tangga pesawat.

Dalam sambutannya, Hadi mengatakan rasa syukur kepada Allah Swt bahwa penantian panjang masyarakat Samarinda untuk memiliki Bandara telah terwujud.

“Atas nama pribadi, atas nama pemerintah mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras sehingga bandara ini dapat dibangun,” kata Hadi.

Kepada semua maskapai Hadi mengucapkan terima kasih, dan meminta untuk membuka semua jalur penerbangan karena warga Samarinda sudah berjumlah sekitar satu juta, ditambah warga Bontang dan Kutai Timur serta Kutai Kartanegara.

“Jangan khawatir, buka aja semua jalur penerbangan. Insya Allah penuh semuanya,” kata Hadi optimis.

Iapun mengatakan rasa bangganya atas kehadiran Batik Air, Bandara ini menurutnya bukan sekedar hadir untuk melayani perhubungan, namun bagian dari pada awal pertumbuhan ekonomi Kalimantan Timur sehinga bisa lebih maju dan lebih sejahtera.

Sebelumnya, CEO Batik Air Achmad Luthfie mengucapkan terima kasih, karena telah diberikan kesempatan untuk terbang melayani rute Jakarta-Samarinda-Jakarta. Dan rasa bangganya karena penerbangan pertama dari Jakarta ini penumpang penuh, 12 kelas bisnis dan 144 kelas ekonomi. Begitu juga dari Samarinda ke Jakarta semua seat terisi penuh.

“Kami mohon dukungan juga, minggu depan, 28 November jika lancar semua kami akan terbang dari Makassar ke Samarinda,” kata Achmad Luthfie.

Untuk penerbangan langsung dari Makassar ke Samarinda ini, menurut Luthfi, Batik Air telah mendapatkan izin dari Dirjen Perhubungan Udara. Selanjutnya akan ada penerbangan dari Surabaya ke Samarinda.

Baca juga : 149 Penumpang Nikmati Penerbangan Perdana Garuda dari APT Pranoto

Ke depan, kata Lutfhi lebih lanjut,  Batik Air akan membuka rute penerbangan internasional dari Samarinda ke Kuala Lumpur dan ke Singapura. Namun hal itu masih menunggu kesiapan fasilitas Bandara seperti Navigasi dan penunjangnya seperti imigrasi.  Selain itu, fasilitas untuk terbang malam juga diharapkannya dilengkapi. Sedangkan untuk run way dinilainya sudah cukup.

Menjawab pertanyaan Wartawan terkait frekwensi penerbangan di Balikapapan-Jakarta apakah akan dikurangi setelah APT Pronoto dibuka, menurut Luthfie tidak akan dikurangi.

“Tidak, kami kan punya survey. Kira-kiranya tidak akan dikurangi,” tandasnya. (LVL)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password