Tes CPNS, Ribuan Peserta Tumbang  

Pengembalian berkas tes CPNS. (foto : 1st)

DETAKKaltim.Com, KUTAI TIMUR : Hasil tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) Kutai Timur sangat mengecewakan. Pasalnya, dari 3.428 pendaftar tes CPNS yang lolos pemberkasan, hanya 68 peserta tes saja yang berhasil mengikuti Tes Standar Kompetensi Dasar (SKD) hingga hari terakhir, Jum’at (16/11/2018).

Baik Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia dan Umum (TIU) serta Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Peserta yang lolos inipun, kembali harus mengikuti tes lanjutan yakni Tes Kompetensi Bidang (TKB). Tak ada jaminan mereka semua lolos dalam tes tersebut.

Belum diketahui penyebab peserta gugur secara massal tersebut. Namun dari keterangan beberapa peserta, soal yang diberikan kepada peserta terbilang sulit. Bahkan beberapa jawaban ganda nyaris sama dan membingungkan peserta.

“Soalnya cukup sulit bagi kami,” kata  Desi, salah seorang peserta tes yang gagal dalam tes CPNS saat diminta keterangan via WA, Sabtu (17/11/2018).

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kutim, Zainuddin Aspan membenarkan tentang angka peserta yang lolos SKD hanya 68 orang.

Mereka yang lolos kebanyakan peserta dari formasi tenaga kesehatan dan pendidikan. Sedangkan formasi umum paling sedikit. Meskipun begitu, Zai tak dapat berbuat banyak. Fakta berkata demikian.

Berita terkait : 8.438 Lolos Syarat 446 Orang Tersingkir, Tes CPNS 8 November

“Kami tak dapat apa-apa. Memang hasilnya seperti itu. Apalagi, tes sudah dilakukan secara transparan dan tidak ada bantu membantu. Semua hasil kerja peserta sendiri,” kata mantan Kepala BPBD itu.

Disinggung masalah solusi, Zai mengaku belum dapat berbuat banyak. Pihaknya mengaku akan menunggu instruksi lanjutan dari BKN. BKPP selalu pembantu pelaksana hanya mengikuti arahan dan tak dapat mengambil kebijakan.

“Belum bisa mengeluarkan informasi tentang tes lanjutan. Karena menunggu petunjuk dari BKN RI,” katanya. (Aghwa)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password