Sambut Pemilu, KPU Samarinda Buka Pendaftaran Kelas Kursus Singkat Kepemiluan

Tri Wahyuni menerima pendaftaran dari Mahasiswa Unmul. (foto : 1st)

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Dalam rangka melaksanakan kegiatan pendidikan pemilih, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Samarinda melaksanakan kegiatan kursus singkat kepemiluan.

Sebagaimana yang disampaikan Tri Wahyuni, Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Pengembangan SDM KPU Kota Samarinda, kursus singkat kepemiluan ini bertujuan meningkatkan partisipasi masyarakat maupun kualitas pemilih dalam menggunakan hak pilihnya.

“Harapan kami dengan program kursus kepemiluan ini, mampu mendorong tumbuhnya kesadaran yang tinggi bagi peserta untuk menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu. Tak sampai di situ, bahkan mereka juga kami persiapkan untuk menjadi penyelenggara khususnya tenaga-tenaga ad hoc bila suatu saat diperlukan,” jelas Tri Wahyuni  kepada DETAKKaltim.Com saat ditemui di KPU Samarinda, Kamis (15/11/2018) siang.

Tri juga mengatakan, ini bagian dari ikhtiar untuk menggerakkan partisipasi masyarakat dalam Pemilu karena peserta Pemilu itu sendiri dari berbagai segmen. Ada segmen Mahasiswa maupun masyarakat sipil yang nantinya akan dipersiapkan untuk berkontribusi secara langsung dalam penguatan demokrasi.

“Sejauh ini sudah ada dua Perguruan Tinggi yang bekerja sama dengan KPU Kota Samarinda,  yaitu Unmul dan IAIN,” sebut Tri.

Beberapa nama Mahasiswa yang direkomendasikan oleh pihak kampus tersebut, masih kata Tri, diseleksi oleh panitia yang saat ini sedang berlangsung proses seleksinya. Termasuk masyarakat umum.

Berita terkait : KPU Samarinda Rekrut 2 Anggota PPK Tambahan

“Untuk target kegiatan akan dilaksanakan selama tiga hari dengan jumlah peserta masing-masing kelas dua puluh orang,” terang Tri.

Menurutnya, peserta kegiatan kursus kepemiluan diharapkan nantinya dapat membentuk kelompok-kelompok komunitas peduli Pemilu, yang mampu menggaungkan Pemilu agar masyarakat mau menggunakan hak pilihnya secara bijaksana, dan penuh tanggungjawab sehingga kualitas Pemilu lebih baik dibandingkan Pemilu-Pemilu sebelumnya. (LVL)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password