Cegah Plagiat, PKP2A III LAN Samarinda Hadirkan ILC

Dr.Mariman Darto memberikan sambutan sebelum melakukan meluncurkan ILC. (foto : LVL)

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Mariman Darto, Kepala Pusat Kajian dan Pendidikan Pelatihan Aparatur (PKP2A) III LAN RI Samarinda, secara resmi melakukan launching ILC, Kamis (15/11/2018) pagi.

Puluhan undangan sekaligus peserta dari sejumlah SKPD, Akademisi dan para pegawai di lingkungan PKP2A III LAN memenuhi ruangan mini theater Kantor LAN RI Samarinda di Jalan HM Ardan Samarinda, Kalimantan Timur.

“Meski sebutannya ILC, namun bukan berarti Indonesia Lawyer Club yang biasa ditonton pemirsa melalui pembawa acara Karni Ilyas di TV One. Namun ILC ini kepanjangan dari Innovation Learning Center,” kata Mariman dalam sambutannya sebelum launching.

ILC ini merupakan sebuah media pengelolaan, pembelajaran, dan penyebarluasan inovasi sekaligus sebagai media pengembangan kompetensi secara non klasikal, dalam upaya mengoptimalkan peran LAN mengembangkan administrasi Negara.

Mariman mengatakan, kapasitas daerah untuk berinovasi belum merata. Hal tersebut dipengaruhi masih terbatasnya sumber daya yang dimiliki.  Disamping itu, aksebilitas terhadap inovasi juga menjadi masalah lain bagi suatu daerah untuk mempelajari dan menerapkan inovasi.

Dengan hadirnya ILC  tentu akan menjadi sebuah wadah untuk melakukan sharing terhadap berbagai inovasi yang dimiliki. Mariman mengklaim di Kalimantan Timur ini sudah ada 5.000 lebih inovasi tetapi tidak terkanalisasi.

“Kita ingin menjadikan ILC ini sebagai chanel bagi semua kalangan untuk menyalurkan konsep inovasi,” jelas Mariman.

Selain sebagai wadah penyaluran konsep inovasi, masih kata Mariman, hadirnya ILC sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap daerah dan kawasan ini agar bisa menjadi pusat perhatian dengan lahirnya berbagai inovasi.

Yang tidak kalah pentingnya, lanjutnya, ILC ini akan menjadi instrumen penting untuk mengontrol plagiasi terhadap konsep inovasi.

“Seseorang membuat inovasi perubahan tapi inovasi tersebut sudah dimiliki orang lain. Inilah salah satunya yang akan menjadi kontrol terhadap plagiat tersebut. Hadirnya ILC semua pihak dapat mengaksesnya dan bisa mengajukan konsep inovasi dengan mendaftarkan dirinya sebagai member,” pungkasnya. (LVL/ib)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password