Mengkhawatirkan, Anggaran Rp2 T Pemkab Kutim Belum Dibelanjakan

H.Irawansyah, Sekda Kutim. (foto : Aghwa)

DETAKKaltim.Com, KUTAI TIMUR : Ternyata di akhir tahun 2018 ini, Pemkab Kutim masih menyisakan anggaran Rp2 triliun dari anggaran Rp4,01 triliun.

Hal ini dibenarkan oleh beberapa pejabat yang mengurusi keuangan di Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kutim. Katanya, serapan belanja dari APBD Kutim 2018 sejauh ini masih sekitar Rp2 triliun. Artinya, masih sekitar Rp2 Triliun yang belum dibelanjakan.  Dengan alasan, tak kunjung datang transfer penyaluran uang dari Pemerintah Pusat.

Meskipun begitu, Sekda  Kutim Irawansyah mengaku optimis serapan anggaran tersebut bisa terlaksana sampai memenuhi target dalam sisa waktu dua bulan menjelang pergantian tahun ini.

Alasannya, Pemkab Kutim telah menjalankan kegiatan bersama pihak ketiga berdasarkan dasar hukum yang mengikat, APBD Kutim sudah dilandasi Peraturan Menteri Keuangan (PMK).

“Paling tidak bisa 90 persen tercapai, sekira Rp3,9 Triliun. Kegiatan semua tetap jalan. Kalau tidak selesai, terpaksa dilanjutkan di tahun depan,” jelas Irawan, Kamis (25/10/2018).

Gambaran teknisnya, lanjut Irawansyah, besaran biaya kegiatan yang belum selesai pencairannya tahun ini, diplot ke tahun depan sehingga menjadi satu tubuh dalam APBD 2019. (Aghwa)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password