Banjir Lumpur Resahkan Warga Lempake

Lumpur menutupi halaman rumah dan badan jalan setelah hujan turun. Lumpur ini ditengarai akibat aktivitas pembangunan perumahan di kawasan itu. (foto : 1st)

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Hujan lebat mengguyur Samarinda sekitar Pukul 11:00 Wita Kamis (18/10/2018) kemarin, mengakibatkan sejumlah kawasan terendam genangan air. Salah satu lokasi langganan banjir yakni Jalan Joyomulyo RT 37, Gang Permata, Kelurahan Lempake, tepat di jalan tikungan menuju Waduk Benanga Samarinda Utara. Bahkan dalam beberapa bulan terakhir, banjir bercampur lumpur menggenangi rumah belasan warga di kawasan itu setiap kali hujan.

“Hujan sebentar saja pasti banjir lumpur. Hujan kemarin lumpurnya sampai masuk ke dalam rumah. Ini yang paling parah. Biasanya lumpur sampai di teras saja, tapi ini masuk rumah. Sampai saat ini belum ada perhatian dari pemerintah setempat. Kondisi ini sangat meresahkan warga,” ungkap Sayuti yang menjadi korban banjir lumpur.

Dikemukakan pula, banjir disertai lumpur diduga akibat pembukaan lahan di sejumlah lokasi perumahan di kawasan tersebut.

“Sebelum adanya perumahan dibangun di kawasan ini tidak pernah banjir lumpur. Kalau pun banjir hanya genangan air. Tapi kondisi ini kian parah karena jalan dan parit di sepanjang Gang Permata tergenang lumpur. Sehingga warga yang bermukim di sana kesulitan keluar masuk menggunakan kendaraan bermotor,” paparnya.

Menanggapi hal itu, Anggota DPRD Samarinda Sarwono menyatakan pihaknya siap menindaklanjuti permasalahan banjir lumpur tersebut.

“Saya coba tindak lanjuti. Saya koordinasikan juga dengan Komisi III untuk bisa segera Sidak (inspeksi mendadak),” kata politisi PKS ini. (*/LVL)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password