Panen Perdana Kebun Kemitraan, Masyarakat Berharap PT APMR Transparan

PT APMR. (foto : Amran)

DETAKKaltim.Com, PPU : Zulham Harahap, Humas PT Alam Permai Makmur Raya (APMR) mengatakan sejauh ini pihak manajemen belum bisa menjelaskan berkaitan rencana kegiatan panen perdana kebun kemitraan atau plasma milik warga yang dikelola perusahaan ini.

Hal tersebut disampaikan menjawab adanya rumor di kalangan warga masyarakat, kalau di perusahaan akan melakukan panen perdana kebun kemitraan milik warga.

“Sejauh ini kami belum bisa memberikan kepastian dan kejelasan terkait kegiatan tersebut,” kata Zulham di ruang kerjanya saat ditemui DETAKKaltim.Com, Rabu (3/10/2018).

PT APMR telah beraktivitas sekitar 13 tahun di Penajam Paser Utara (PPU), berkantor di Kelurahan Riko, Kecamatan Penajam, Kalimantan Timur.

Di tempat terpisah, Imbulyan, salah seorang tokoh masyarakat Riko mengatakan, meskipun sudah belasan tahun Perkebunan Kelapa Sawit ini melakukan aktivitas tapi sampai sekarang ini, sekitar 560 kepala keluarga belum pernah menikmati hasil kebun kemitraan yang pernah dijanjikan pihak perusahaan. Padahal sudah ada Pabrik Kelapa Sawitnya.

“Seharusnya sebelum pihak perusahaan melakukan panen perdana, perusahaan harus ada koordinasi dengan warga sebagai pemilik kebun kemitraan,” kata Imbulyan.

Menurutnya, ini sangat penting. Perusahaan harus menjelaskan kepada masyarakat berapa beban menjadi tanggungan masyarakat.

“Harus jelas dan transparan,” tegas Imbulyan.

Masih menurut Imbulyan, lahan kebun kemitraan di PT APMR seluas 600 hektar, namun yang akan dipanen baru sekitar 200 hektar. (Amran)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password