BPBD Klaim Turun Lapangan, Sekretaris: Itu Laporan Anggota

Sekretaris BPBD Kutim Ludi Firmansyah. (foto : Aghwa)

DETAKKaltim.Com, KUTIM : Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kutai Timur (Kutim), membantah jika tak ikut terlibat dalam pemadaman api dalam kebakaran hutan Kenyamukan, Dusun Kenyamukan, Desa Sangatta Utara, Kecamatan Sangatta Utara, Minggu (23/9/2018) dan Senin (24/9/2018).

BPBD mengklaim jika pihaknya terlibat langsung memadamkan api. Tidak seperti yang disampaikan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kutim.

“Itu terlalu tendensius. Yang  jelas  saat itu di TKP  anggota bersama dengan petugas Damkar.  Serta dari Koramil menarik selang. Berusaha memadamkan api,” ujar Sekretaris BPBD, Ludi Firmansyah kepada DETAKKaltim.Com, Selasa (25/9/2018).

Memang, katanya, ia tidak terlibat langsung dalam pemadaman api. Namun dilakukan oleh bawahannya. Informasi keterlibatan BPBD saat terjadi kebakaran bersumber dari bawahannya.

Berita Terkait : Joko : DPKP Berjuang Padamkan Kebakaran BPBD Malah Nonton

“Saya  sudah klarifikasi. Saya dengar langsung laporan dari anggota saya sebagai saksi saat itu ada Pak Imran (Dishub) dan Babinsa. Itu laporan anggota saya,” kata Ludi lebih lanjut.

Sebelumnya, Kepala Bidang Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan DPKP Kutim, Joko Sutikno, mengeluh lantaran BPBD tak berperan aktif untuk memadamkan api saat kebakaran di Kenyamukan. Padahal, pemadaman kebakaran hutan merupakan kewajiban BPBD.  Bukan DPKP. DPKP fokus untuk memdamkan api di pemukiman.  (Aghwa)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password