Pj Gubernur Kaltim Dilantik, Mendagri Ucapkan Terima Kasih Kepada Awang

Prosesi pelantikan Pj Gubernur Kaltim Restuardy Daud oleh Mendagri Tjahjo Kumolo. (foto : LVL)

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo atas nama Presiden Republik Indonesia melantik Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur, Restuardy Daud, di Pendopo Lamin Etam Kantor Gubernur Kaltim, Sabtu (22/9/2018) sekitar Pukul 09:05 Wita.

Pelantikan Restuardy ini menandai berakhirnya era kepemimpinan Awang Faroek Ishak (AFI) sebagai Gubernur Kaltim selama hampir 10 tahun, 2009-2014 dan 2014-2019. AFI harus mundur dari jabatannya beberapa bulan sebelum masa baktinya berakhir karena mencalonkan diri menjadi anggota DPR RI.

Dalam sambutannya, Mendagri mengatakan apresiasi yang tinggi kepada Awang Faroek Ishak yang telah bekerja penuh loyalitas mengabdikan diri sebagai  Gubernur Kaltim 2 periode.

“Pak Awang pengalamannya lengkap. Selama sepuluh tahun jadi tetangga saya saat di DPR-RI. Berikutnya, dua periode jadi Bupati dan dilanjutkan dua periode Gubernur Kaltim,” kata Tjahyo Kumolo.

Mendagri menilai banyak hal baik yang sudah dilakukan Awang Faroek Ishak, baik itu pembangunan di bidang infrastruktur, maupun bidang pertanian dan sumber daya manusia, khususnya pendidikan dan kesehatan masyarakat.

Kepada Penjabat Gubernur, Mendagri meminta untuk menjalankan fungsi-fungsi tata kelola pemerintahan dengan baik.

“Kerahkan dan organisir seluruh elemen-elemen masyarakat dalam rangka menunjang program nasional,” sebut Mendagri lebih lanjut.

Salah satu tugas utama dalam jangka pendek, kata Mendagri, adalah melaksanakan Pemilu serentak, Presiden-Wakil Presiden, legislatif dan DPD.

Restuardy Daud akan menjabat sebagai Pj Gubernur Kaltim hingga dilantiknya Gubernur-Wakil Gubernur Kaltim terpilih periode 2018-2023 hasil pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak pada Juni 2018.

Acara pelantikan dihadiri Ketua DPRD Kaltim HM Syahrun, Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto dan Kapolda Kaltim Irjen Pol Priyo Widyanto, Pj Sekprov Kaltim Meiliana, serta jajaran FKPD Kaltim, Bupati/Wali Kota dan pimpinan instansi vetikal/Kementerian/lembaga di Kaltim serta sejumlah tokoh masyarakat. (LVL)

 

Data Pribadi Pj Gubernur Kaltim :

Nama                           : Ir. Restuardy Daud,M.Sc

NIP                               : 19671229 199303 1 001

Tempat/Tgl Lahir     : Manado, 29 Desember 1967

Agama                         : Islam

Pangkat/Golongan   : IV/D

Jabatan                       : Deputi Bidang Pengelolaan Infrastruktur Perbatasan  pada Badan Nasioal Pengelolaan         Perbatasan – BNPP RI.

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password