Melalui Samsat Drive Thru,  Makin Mudah Bayar Pajak Kendaraan di PPU

Bere Ali, Pj Bupati PPU meresmikan penggunaan Samsat Drive Thru. (foto : hms)

DETAKKaltim.Com, PPU : Sistem Adminitrasi Manunggal Satu Atap atau yang lebih dikenal dengan istilah Samsat, merupakan lembaga layanan masyarakat terpadu yang melayani pembayaran pajak kendaraan bermotor. Untuk memberi kemudahan dalam hal pelayanan kepada masyarakat dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk membayar pajak kendaraannya.

Untuk meningkatkan mutu layanan Samsat, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) telah meluncurkan sistem layanan Samsat Drive Thru yang berada di halaman depan Graha Pemuda, Jalan   Jalan Provinsi Km 09, Nipah-Nipah Penajam, Selasa (18/9/2018).

“Sistem layanan Samsat Drive Thru merupakan terobosan dari Samsat Penajam untuk memudahkan masyarakat untuk mebayar pajak kendaraannya, cukup dari atas kendaraan dengan melengkapi surat kendaraan asli dan KTP asli,” jelas H Arifin, Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah Badan Pendapatan Daerah Provinsi Kalimantan Timur Wilayah PPU.

Sistem Samsat Drive Thru ini memberikan kemudahan, transparansi dan kecepatan dalam membayar pajak bagi wajib pajak yang memilki kendaraan roda 2 ataupun roda 4.

“Samsat Drive thru merupakan bentuk layanan yang harus diberikan kepada masyarakat. Dikarenakan ini merupakan pelayanan orang sibuk (POS) atau Bantuan Orang Sibuk (BOS). Masyarakat itu mau bayar pajak kendaraannya janganlah dipersulit, beri kemudahan kepada mereka,” jelas Pj Bupati PPU Bere Ali saat memberi sambutan sekaligus meresmikan peluncuran Samsat Drive Thru.

Menurut Bere Ali, sejak membuka layanan Samsat Drive Thru di depan Kantor Bapenda Prov Kaltim ternyata kesadaran masyarakat untuk membayar pajak semakin meningkat karena mereka dimudahkan dalam hal pembayaran.

“Saya juga berharap di PPU juga meningkat dengan adanya Samsat Drive Thru,” ujarnya.

Kepala Unit Regestrasi dan Identifikasi Ipda Prasetyo Wiwoho menyampaikan, dengan adanya Samsat Drive Thru akan memudahkan wajib pajak kendaraan bermotor.

“Mereka cukup datang dengan membawa STNK asli dan KTP asli dan proses kendaraan akan selesai kurang dari 2 menit. Dan semua pelayanan ini tidak harus wajib pajak turun dari kendaraannya”

Adanya sistem Samsat Drive Thru ini mendapat tanggapan posistif dari masyarakat, di antaranya Subur Priono, warga Waru.

“Ya, baguslah. Dengan adanya Samsat Drive Thru saya tidak harus meluangkan banyak waktu. Kurang dari 1 menit pembayaran pajak saya selesai, dan untuk bayar pajak cukup lewat. Sekalian mampir sebentar untuk bayar pajak kendaraan,” jelas Subur, wajib pajak kendaraan roda 4 yang ikut mencoba peluncuran Samsat Drive Thru. (hms/LVL) 

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password