Dipicu Kemarau, Sekitar 10 Hektar Lahan Terbakar

Warga berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya. (foto:Gladis)

DETAKKaltim.Com. SAMARINDA : Kebakaran lahan kembali terjadi di Samarinda, Kalimantan Timur. Kali ini terjadi di Jalan Telkom, RT 6, Pelita 7, Kelurahan Pulau Atas, Kecamatan Sambutan, Kota Samarinda.

Kebakaran lahan yang diperkirakan seluas 10 hektar ini terjadi mulai Pukul 14:00 Wita. Angin yang cukup kencang membuat api semakin membesar dan cepat menjalar hingga mendekati kawasan pemukiman warga.

Bahkan warga sekitar lokasi sempat memindahkan barang barangnya.

Dari pantauan DETAKKaltim.Com, terdapat sedikitnya 3 titik api di lokasi kejadian. Api juga terlihat menjalar di tebing-tebing yang tidak jauh dari pemukiman warga.

Begitu juga akses masuk ke lokasi yang sulit ditembus membuat petugas kesulitan untuk menjangkau lokasi, selain itu tidak adanya sumber air di sekitar lokasi membuat petugas tidak bisa berbuat banyak. Bahkan terlihat warga berusaha memadamkan api dengan peralatan seadannya.

Akhmad Yani, Lurah Pulau Atas mengatakan tahun ini setidaknya sudah 2 kali terjadi kebakaran lahan di wilayahnya.

“Tadi kita sama warga sempat memadamkan api, namun angin yang kencang dan lahan yang luas membuat kita kesulitan, apalagi di sekitar lokasi tidak ada sumber air,” ujar Akhmad Yani di lokasi, Kamis (13/9/2018).

Lanjut Akhmad Yani, kebakaran lahan di wilayahnya ini bukanlah yang pertama kali, jika musim kemarau tiba lahan lahan yang sudah dikapling warga ini kerap terjadi kebakaran. Iapun menduga jika kebakaran ini bukan sengaja dibakar, namun karena musim kemarau.

“Inikan lahan gambut, luasnya sekitar 10 hektar. Jika musim kemarau tiba pasti terjadi kebakaran,” pungkasnya. (Gladis)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password