Peduli Pemilu Damai, Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Gelar Deklarasi

Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Peduli Pemilu Damai menggelar deklarasi. (foto: 1st)

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Sejumlah Mahasiswa dari berbagai kampus di Samarinda yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Peduli Pemilu Damai, menggelar deklarasi dukungan terhadap Pemilu yang damai di Cafe Bangikopitiam, Rabu (12/9/2018) sekitar Pukul 16:00 Wita.

Ahmad Husaini selaku korlap mengatakan, deklarasi ini sebagai sikap atas perkembangan beberapa bulan terakhir ini di masyarakat Indonesia yang telah banyak dipertontonkan hal tidak mencerdaskan masyarakat.

“Pilpres masih ada beberapa bulan pelaksanaannya, tapi kisruh pendukung sudah sampai di pelosok-pelosok negeri,” kata Ahmad prihatian.

Ramainya berita-berita di sosial media dua kubu yang saling berpolemik, lanjutnya, menjadikan ajang pesta demokrasi nanti menjadi sangat ironi. Berita hoax dan saling menyebar kebencian masih mendominasi beranda-beranda akun sosial media dan sudah menjadi konsumsi di warung kopi.

“Ini tentunya bisa berdampak negative bagi masyarakat kita,” imbuhnya.

Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Peduli Pemili Damai berpendapat bahwa sudah seharusnya Pemuda dan Mahasiswa bersatu, berdiri tegak dan menyadarkan masyarakat bahwa persoalan Bangsa Indonesia adalah persoalan kita semua. Kita dituntut untuk memberi solusi konkret atas persoalan yang dihadapi bangsa.

“Untuk itu hari ini kami dari Aliansi Mahasiswa dan Pemuda yang peduli Pemilu memakai almamater kampus kami, sebagai kritikan bahwa sudah seharusnya Universitas/Perguruan Tinggi hadir di tengah kekisruhan yang terjadi, hadir menetralisir suasana bukan memilih diam dan tidak  melakukan apa-apa,” tegasnya.

Menyikapi situasi itu, maka kami :

  1. Menghimbau kepada masyarakat Kalimantan Timur dan Samarinda khususnya, untuk tidak melakukan penyebaran berita hoax, fitnah dan ujaran kebencian.
  2. Menghimbau kepada masyarakat Kalimantan Timur dan Samarinda khususnya, agar menolak hasutan beberapa oknum masyarakat untuk melakukan deklarasi atau semacamnya yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan di bumi etam ini
  3. #2019gantipresiden atau #2019jokowitetapresiden
  4. Mengajak seluruh Mahasiswa untuk sama-sama mengkampanyekan Pemilu aman dan damai tanpa fitnah dan ujaran kebencian.

Bersamaan dengan himbauan di atas, kami dari Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Peduli Pemilu Damai mengdeklarasikan sikap kami untuk pemilu 2019 :

  1. Kami Mahasiswa dan Pemuda Kota Samarinda akan senantiasa menaati ketentuan hukum dan Perundang-Undangan yang berlaku, memegang teguh moral dan etika yang bersumber pada nilai – nilai Pancasila, budaya bangsa dan agama, mengutamakan kepentingan umum serta menghormati hak asasi manusia
  2. Kami Mahasiswa dan Pemuda Samarinda akan bersinergi bersama penyelenggara Pemilu dalam mengawal Pemilu 2019 yang aman, damai dan sejuk.

Kegiatan ini juga dihadiri perwakilan Duta Damai Kalimantan Timur. (LVL)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password