Launching Festival Mahakam 2018, Delegasi Spanyol dan India Berencana Datang

M.Faisal (kiri) dan Sugeng Chairuddin (tengah) saat jumpa Pers. (foto : LVL)

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Sugeng Chairuddin, Sekretaris Kota (Sekkot) Samarinda meluncurkan (lauching) Festival Mahakam 2018 dalam sebuah jumpa Pers yang digelar di lantai 8 Café Muse Entertaiment, Jalan Mulawarman Samarinda, Kamis (6/9/2018) pagi.

Dipilihnya tempat tersebut dijelaskan M Faisal, Kepala Dinas Pariwisata Samarinda bermaksud untuk menunjukkan salah satu tempat di Samarinda yang sangat bagus untuk menyaksikan keindahan Sungai Mahakam. Memperlihatkan dengan jelas 2 kelokan Sungai Mahakam dan Jembatan Mahkota II, sebagai salah satu pesona pariwisata Kota Samarinda.

“Dari tempat ini kita bisa menyaksikan keindahan Sunset,” kata Faisal berpromosi seraya tertawa kecil.

Sugeng berharap Festival Mahakam yang telah masuk 100 agenda Kementerian Pariwisata, tahun ini dan tahun-tahun yang akan datang bisa menjadi unggulan Indonesia.

“Melalui Festival Mahakam ini kami berharap mendapat dukungan dari masyarakat,” sebutnya.

Sebelumnya, M Faisal, Kepala Dinas Pariwisata Kota Samarinda menjelaskan Festival Mahakam 2018 akan dilaksanakan selama 3 hari, yaitu pada 2-4 November 2018. Sebanyak 30 acara akan digeber di 13 venue yang tersebar di sejumlah tempat untuk menghindari terjadinya kemacetan selama pagelaran.

Secara garis besar, Festival Mahakam akan terbagi 3 kegiatan. Yang pertama, acara yang digelar di Sungai Mahakam. Akan diisi dengan sejumlah kegiatan, di antaranya Lomba Berenang menyeberang Sungai Mahakam, Lomba balap Jet Ski, Lomba balap Perahu Dompeng, Lomba balap Perahu Naga, Lomba balap Perahu Tambangan, dan Lomba balap Power Boating.

Kemudian yang kedua untuk acara di Tepian Mahakam, juga akan ada bermacam-macam acara di antaranya Tahu Tek Tek Festival, Panggung Musik Tepian yang akan diisi berbagai sajian musik. Seperti Parade 40 Band Indie lokal terbaik non stop selama 3 hari, Parade Band Pub. Selain itu ada juga Mandau Mini Expo, Lomba Tari Kreasi Pesisir, Lomba Tari Kreasi Pedalaman, Lintas Budaya Nusantara.

Dan kegiatan ketiga bertajuk Special Event Mahakam, yaitu kegiatan acara yang digelar untuk mendukung Festival Mahakam.

Terkait target besar yang ingin dicapai dari Festival Mahakam yang menelan anggaran APBD Kota Samarinda sebesar Rp500 Juta ini, M Faisal menjelaskan pertama adalah mengenalkan Sungai Mahakam, kedua memberikan hiburan kepada masyarakat, dan yang ketiga adalah bahwa ada orang yang datang.

“Festival Mahakam lima tahun yang lalu saya tidak ada tandatangan SPPD, tahun lalu sudah banyak dari Jawa Barat, Kalsel, dari Kalteng saya tandatangan. Berarti kan ada orang datang dan nginap di sini, artinya meningkatkan kunjungan, ” jelas Faisal.

Menambahkan penjelasan Faisal, Sekkot Samarinda mengatakan bahwa target besar Festival Mahakam ini adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Samarinda.

Menurut Faisal, sektor pariwisata Kota Samarinda tahun 2017 lalu menyumbang pendapatan asli daerah (PAD) sekitar Rp90 Miliar. Berasal dari hotel, restoran dan kuliner. Dari angka itu, penyumbang terbesarnya adalah kuliner.

“Kalau ada kegiatan begini (Festival Mahakam-red) makin ramai,” jelas Faisal lebih lanjut.

Meski tahun ini Dinas Pariwisata belum mengundang investor dari luar Kaltim untuk datang menyaksikan kemeriahan Festival Mahakam 2018, namun Sugeng Chiruddin selaku Sekkot Samarinda menginginkan pada pelaksanaan berikutnya hal itu dimasukkan pada rencana strategis (Renstra) Perizinan dan Penanaman Modal.

Festival Mahakam 2018 disebutkan Faisal kemungkinan besar juga akan diikuti 2 negara, yaitu Spanyol dan India. Namun belum bisa dipastikan karena saat ini, kata Faisal, masih dalam proses pengurusan Visa. (LVL)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password