Dihadiri Anggota DPR RI, BEKRAF Gelar Workshop Packaging

Dr.Ir.H.Zuhdi Yahya,MP, anggota DPR RI dari Komisi X di acara workshop packaging besutan BEKRAF. (foto : LVL)

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA :  Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (BEKRAF) melalui Direktorat Edukasi Ekonomi Kreatif Deputi Riset, Edukasi, dan Pengembangan melaksanakan kegiatan workshop packaging di Hotel Bumi Senyiur, Samarinda, Sabtu (25/8/2018).

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi tentang packaging kepada para pelaku ekonomi kreatif,” jelas Poppy Savitri kepada DETAKKaltim.Com di sela-sela acara.

Dra.Poppy Savitri, Direktur Edukasi Ekonomi  Kreatif BEKRAF. (foto : LVL)

Poppy menjelaskan, packaging atau kemasan menjadi hal yang sangat penting bagi suatu produk. Karena secara materi dan bahan produk-produk ekonomi kreatif Indonesia sudah cukup bagus, namun karena kemasannya yang tidak menarik sehingga nilainyapun menjadi jatuh.

“Kemasan yang bagus setiap kemasan produk itu ada story telling dari produk itu sendiri atau kriya, setiap daerah story telling itu berbeda. Itu justru memberi nilai tambah, tapi sering nggak dilakukan,” jelasnya lebih lanjut.

Untuk mengatasi kelemahan dan persoalan-persoalan terkait kemasan produk ekonomi kreatif tersebut, menurut Poppy, ini menjadi tugas BEKRAF. Karena itu ia datang ke daerah-daerah untuk memberikan masukan dan solusi agar produk memiliki nilai tambah.

Namun ia berharap Dinas terkait di daerah yang lebih dekat dapat melakukan pembinaan. Karena hal ini juga merupakan tantangan dalam pengembangan ekonomi kreatif, bagaimana mengubah pola fikir masyarakat pelaku ekonomi kreatif dari tradisional ke yang lebih maju.

“Saya berharap Dinas Perindustrian dan UKM di sini untuk terus menerus melakukan pendekatan kepada mereka, dampaknya menguntungkan Kepariwisataan,” imbuhnya.

Peran ekonomi kreatif, lanjut Poppy, sangat besar dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Karena itu, ia berharap kualitasnya ditingkatkan mengingat secara kuantitas sudah cukup. Perangkat pemerintah Kabupaten/Kota dalam hal ini harus semangat, lupakan cara-cara lama yang hanya menghabiskan anggaran dan hanya mengutamakan daya serap.

Kegiatan yang dihadiri sekitar 100 orang peserta dari pelaku ekonomi kreatif di Samarinda ini menghadirkan narasumber selain Poppy Savitri, juga ada anggota DPR RI Zuhdi Yahya dari Komisi X yang membidangi Kepariwisataan, Endang Warsiki, ahli kemasan dari IPB, dan Gigih Budi Abadi, desiner produk.

Acara yang ditukangi event organizer (EO) Bahtera dari Jakarta dengan melibatkan sejumlah mahasiswa lokal ini berlangsung lancar. Peserta yang mayoritas dari kaum ibu-ibu memberikan perhatian serius dari awal yang dimulai sejak sekitar Pukul 08:00 Wita hingga selesai Pukul 17:00 Wita. Para pesertapun diberikan sertifikat dari BEKRAF. (LVL)  

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password