Bersama Warga Sebatik, Pupuk Kaltim dan Pupuk Indonesia Rayakan HUT Ke-37 RI

Aas Asikin Idat, Direktur Utama Pupuk Indonesia menjadi inspektur upacara penaikan Bendera Merah Putih dalam rangka memperingati HUT Ke-73 RI di Pulau Sebatik. (foto : 1st)

DETAKKaltim.Com, NUNUKAN : Perayaan HUT Ke-73 Republik Indonesia terasa berbeda bagi warga Sebatik, Nunukan, Kalimantan Utara, salah satu wilayah terdepan dan terluar di perbatasan RI – Malaysia.

PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) bersama induk perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero), hadir menjalin keakraban dan kebersamaaan dengan warga Sebatik, melalui ragam kegiatan yang diikuti antusias ribuan peserta.

Aas Asikin Idat menyerahkan Bendera Merah Putih untuk dikibarkan. (foto : 1st)

Kegiatan diawali upacara Bendera di Lapangan Aji Kuning Sebatik, dengan inspektur upacara Direktur Utama Pupuk Indonesia Aas Asikin Idat. Turut hadir jajaran Direksi Pupuk Kaltim, Tim KSSP I Kementerian BUMN, perwakilan Pemerintah Daerah, Komandan Kodim 0911 Nunukan, serta ratusan pelajar dan masyarakat, pada 17 Agustus 2018.

Aas mengatakan bahwa peringatan HUT Kemerdekaan tahun ini sengaja dilaksanakan Pupuk Kaltim dan Pupuk Indonesia di Sebatik, karena merupakan penugasan dari Kementerian BUMN melalui program BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN).

“Program ini diinisiasi untuk memberi manfaat bagi masyarakat, serta memajukan perekonomian daerah, yang dilaksanakan serentak oleh seluruh BUMN di Indonesia,” sebut Aas.

Komitmen tersebut ditunjukkan melalui pemberian bantuan senilai Rp325 Juta, terdiri dari bantuan renovasi sekolah Rp220 Juta, bantuan Taman Bacaan Rp80 Juta dan bantuan Tempa Sampah Rp25 Juta.

“Melalui kegiatan ini, Pupuk Kaltim dan Pupuk Indonesia hadir memberi manfaat bagi masyarakat Sebatik, sesuai instruksi Kementerian BUMN untuk membantu memajukan perekonomian daerah,” kata Aas lebih lanjut.

Hal itupun menegaskan wujud kepedulian BUMN yang hadir pada berbagai aspek kehidupan, dengan manfaat yang dirasakan langsung masyarakat.

Program ini dinilai Aas sangat positif untuk terus dilaksanakan secara berkesinambungan, apalagi berbagai kegiatan yang selama ini berjalan, begitu disambut antusias masyarakat. Salah satunya Pupuk Kaltim, yang menggelar program Mudik Gratis Bersama BUMN pada Idul Fitri lalu.

“Sebagai BUMN, peran kami tidak hanya mencari keuntungan, namun juga hadir untuk membangun negeri dan mensejahterakan masyarakat,” imbuhnya.

Rangkaian peringatan Hari Kemerdekaan RI bersama Pupuk Kaltim dan Pupuk Indonesia di Lapangan Aji Kuning juga menyedot perhatian warga Sebatik, yang tumpah mengikuti ragam kegiatan yang digelar. Di antaranya Jalan Sehat 5K dengan titik akhir di Tapal Batas Patok Tiga Sebatik, Pameran UMKM dan berbagai Lomba Rakyat.

Kegiatan ini juga dimeriahkan konser musik dan kuliner tradisional gratis, serta ratusan hadiah menarik.

“Kami berharap Program BUMN Hadir Untuk Negeri dapat terus berlanjut, karena manfaat yang besar dan dirasakan langsung masyarakat,” tandas Aas.

Sebelumnya, Pupuk Kaltim dan Pupuk Indonesia juga mengirim 23 peserta program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) asal DKI Jakarta, yang terpilih untuk belajar kebudayaan di Kalimantan Utara.

Para peserta mengunjungi sejumlah destinasi, seperti Museum, Konservasi Mangrove dan Bekantan, serta Rumah Kreatif BUMN di Tarakan. Selain itu, peserta juga menjalani program “Dua Hari Bersama TNI” guna membangkitkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air. (*/vo/nav/LVL)

 

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password