Lewat BUMDes, Wakid Optimis Bisa Tingkatkan PADes Tellemow

Pembangunan jalan pemukiman dikerjakan sendiri warga. Wakid Santoso (insert/foto : amran)

DETAKKaltim.Com, PPU : Wakid Santoso, Kepala Desa Tellemow, Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara (PPU) Kalimamtan Timur, memprioritaskan peningkatan pembangunan dan pelayanan air bersih bagi warga masyarakat di Desanya.

“Meskipun air bersih yang dikelola Badan Usaha Milik Desa Tellemow belum layak dikomsumsi warga, tetapi sarana peningkatan pelayanan dan pembangunan sarana air bersih yang ada sekarang menjadi salah satu penyumbang pendapatan asli Desanya,” kata Wakid saat dijumpai DETAKKaltim.Com di kantornya, Selasa (14/8/2018).

Walaupun Desa Tellemow tidak mempunyai tanah kas Desa seperti di Desa lain, lanjut Wakid, karena sebagian lahan masih dikuasai perusahaan tetapi ia sangat optimis untuk meningkatkan pendapatan asli desanya (PADes).

“Banyak usaha lain yang mempunyai prospek cukup baik, salah satu pengelolaan toko sudah masuk dalam program unit BUMDes,” ujarnya.

Di tahun 2016-2018 BUMDes Tellemow sudah mempunyai laba bersih Rp19 Juta yang peroleh dari pelayanan air bersih dan unit simpan pinjam.  Di tahun 2018 pihaknya mengalokasikan penyertaan modal di BUMDES senilai Rp60 Juta sebagai upaya meningkatkan PADes.

“Untuk pembangunan fisik di anggaran tahun 2018 kami prioritaskan peningkatan jalan pemukiman dan drainase, sesuai kebutuhan dan dengan permintaan warga di daerah ini,” jelasnya.

Pembangunan peningakatan jalan pemukiman warga dikerjakan masyarakat dari Desa ini dengan harapan, pelaksanaan serta kualitas kerjanya sesuai dengan keinginan warga.

“Walaupun saya baru menjabat menjadi Kepala Desa Tellemow, tetapi saya yakin dengan kerja keras serta peran aktif masyatakat kami terus berupaya menjadikan Desa Tellemow lebih baik lagi,” tandasnya. (amran) 

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password