Cari Solusi Pembangunan Masjid Pemprov, Pj Sekprov Kaltim Silaturrahim Wartawan

Dr.Hj.Meiliana,SE,MM. (foto : LVL)

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Meiliana, Pj Sekretaris Provinsi (Sekprov) Kaltim mengundang sejumlah Wartawan dari media cetak, TV, dan Online serta Radio untuk bersilaturrahim seraya makan siang bersama di Rumah Makan Banjar, Jalan Abul Hasan Samarinda, Jum’at (10/8/2018) Pukul 14:00 Wita.

Acara yang dimotori Biro Humas Pemprov Kaltim tersebut digelar usai Shalat Jum’at. Dalam kesempatan itu, mantan Kepala PKP2A III LAN Samarinda yang sukses membangun Kantor LAN Samarinda yang representatif ini menyampaikan bahwa Pemprov Kaltim dengan Wartawan adalah mitra kerja. Karena itu ia berharap acara semacam ini bisa diagendakan setiap hari Jum’at.

Selain itu, terkait pembangunan Masjid Pemprov Kaltim di Lapangan Kinibalu ia berharap media bisa menyajikan berita yang menyejukkan masyarakat. Karena akhir-akhir ini ia menilai pemberitaan pembangunan tempat ibadah Ummat Islam ini cukup menimbulkan polemik pro dan kontra di masyarakat.

“Jangan sampai pembangunan Masjid ini menjadi konflik di masyarakat,” harap Meiliana.

Iapun menyampaikan ihwal pembangunan Masjid tersebut sebagai solusi dari kondisi Masjid Al Mu’min yang berada di kawasan Kantor Gubernur Kaltim tidak lagi bisa menampung jama’ah dari Kantor Gubernur sendiri pada saat menunaikan shalat Dhuhur ataupun Shalat Ashar, terlebih pada saat Shalat Jum’at dan Idul Fitri serta Idul Adha.

Selain itu, secara legalitas lahan tersebut disebutkannya telah bersertifikat hak guna pakai dan itu ada di BPKAD. Begitu juga soal IMB pembangunannya telah teregistrasi sejak April 2018 lalu yang dibuktikan dengan nomor registrasinya 693/DPMPTSP-KS/IMB/IV/2018.

Meski telah mendapat persetujuan dari Lurah dan Camat setempat, namun diakuinya pembangunan Masjid tersebut masih ada 4 dari 40 RT yang ada di Kelurahan Kampung Jawa menolak pembangunannya, namun ia menyebutkan Pemprov terus berupaya mencari solusi.

Pertemuan yang berlangsung cukup santai ini menjadi menarik ketika Meiliana meminta saran dan masukan dari Wartawan, untuk mencari solusi agar pembangunan Masjid yang telah disetujui DPRD Kaltim dengan memberikan dana lebih Rp71 Miliar dapat dilanjutkan. Apa lagi saat ini, jelasnya, pembangunannya telah mencapai sekitar 20 persen.

Salah satu masukan yang disampaikan Wartawan adalah supaya membangun komunikasi dengan Ketua-Ketua RT  yang masih menolak, dan Ketua Forum Komunikasi Ummat Beragama (FKUB) Samarinda, KH Zaini Naim, yang memiliki kewenangan untuk mengeluarkan rekomendasi pembangunan Masjid tersebut.

Usulan inipun langsung direspon Meiliana dengan menyebutkan akan segera melakukan pendekatan kepada 4 RT tersebut, untuk diajak bermusyawarah. Waktunya akan segera dijadwalkan.

“Empat RT kami undang plus Pak Zaini,” sebut Meiliana.

Di bagian akhir silaturrahmi tersebut, Meiliana kembali menyampaikan harapannya agar pemberitaan terkait pembangunan Masjid tersebut lebih menyejukkan masyarakat. (LVL)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password