Bermodalkan ADD, 2 Kepala Desa di Penajam Berjuang Tingkatkan PADes

Pembangunan Pasar di Desa Argo Mulyo tengah berlangsung saat ini. Hadi Muntoro (insert/foto : Amran)

DETAKKaltim.Com, PPU : Budi Sarwoto, Kepala Desa Argo Mulyo, Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur, mengatakan kalau sekarang Pemerintahan Desanya tengah berupaya meningakatan Pendapatan Asli Desa (PAD) yang dipimpinnya.

“Meskipun di Desanya telah mempunyai pasar, tetapi mengingat pentingnya meningkatkan PADes pasar yang dibangun kali ini lebih baik dan lebih modern dari pasar sebelumnya,” ujar Budi saat ditemui DETAKKaltim.Com di kantornya, Senin (6/8/2018).

Dijelaskan Budi lebih lanjut, pembangunan pasar menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) Pusat senilai Rp1.092.800.000,-. Rencananya pasar dibagi menjadi dua bagian, yang satu pasar basah diperuntukkan untuk penjual ikan, sayuran, dan pasar kering untuk penjual kelontongan.

Walaupun secara terperinci dia tidak menjelaskan berapa kios yang akan dibangun, tetapi pembangunan pasar yang lebih modern ini diharapkannya mampu memberikan PADes.

Ketika disinggung berapa biaya sewa satu kios di pasar ini, Budi mengatakan akan melakukan koordinasi dengan pihak warga yang berminat menggunakannya.

Lain halnya di Desa Smoi 2 yang juga terletak di Kecamatan Sepaku. Desa yang tengah berupaya meningakatan PADesnya akan membuka usaha yang belum ada warga melakukannya.

Hadi Muntoro yang baru terpilih menjadi Kepala Desa tahun 2018 ini mengaku kalau di Desanya baru mempunyai PADes Rp15 jJuta per tahunnya.

Akan tetapi Hadi sangat optimis di tahun 2019 mendatang pendapatan asli desanya mampu ditingkatkan.

“Beberapa upaya dan kebijakan yang akan dilaksanakan, salah satunya menyediakan sewa tenda, karena  di Desanya belum ada yang memulai usaha ini,” jelasnya saat ditemui di kantornya.

Sebelum menjabat sebagai Kepala Desa, sudah ada usaha yang dikelola Kepala Desa sebelumnya yaitu simpan pinjam dan Kebun Kelapa Sawit seluas 7 hektar.

“Saya tinggal melanjutkan dan meningakatkan hasilnya,” jelas Hadi.

Hadi mengemukakan, pihaknya masih terus melakukan upaya untuk meningakatkan pendapatan asli  desa Smoi 2  dengan Alokasi Dana Desa (ADD) yang mencapai Rp2,8 Miliar.

“Saya sangat yakin Pemerintah Desa mampu meningkat PADes,” tandasnya. (amran) 

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password