Tidak Terima Rekannya di PHK, Puluhan Karyawan PT MHL Gelar Unjuk Rasa

Asrul Paduppa di hadapan karyawan PT.MHL. (foto :Amran)

DETAKKaltim.Com, PPU : Puluhan karyawan Pabrik Kelapa Sawit PT Meja Hijau Lestari (MHL) di Keluarhan Buluminung, Penajam, Penajam Paser Utara (PPU), Kalimamtan Timur,  menggelar aksi unjuk rasa di halaman kontor perusahaan tersebut, Kamis (2/8/2018).

Unjuk rasa bermula dari kekecewaan para karyawan kepada perusahaan  yang melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK), terhadap pekerja lokal sebanyak tiga orang  yang dinilai para pekerjanya sangat tidak adil

Asrul Paduppai, pengurus unit kerja Kahutindo PT Mega Hijau Lestari didamping Serikat Pekerja DPC Kabupaten PPU menilai ketiga karyawan tersebut diberhentikan secara sepihak.

“Meskipun sudah dilakukan upaya mediasi dengan perusahaan, tetapi Manajement PT Mega Hijau Lestari tetap bersikukuh melakukan pemutusan hubungan kerja kepada tiga orang pekerja lokal,” jelas Asrul kepada DETAKKaltim.Com di lokasi unjuk rasa.

Lebih lanjut Asrul menjelaskan, karena belum ada kesepakatan kedua belah pihak berkaitan dengan pemutusan hubungan kerja yang dinilai sepihak, puluhan karyawan akan melakukan mogok kerja sebagai bentuk kekecewaan dan solidaritas terhadap rekannya.

“Aksi unjuk rasa ini sudah sesuai dengan ketentuan Undang – Undang, para pekerja menginginkan tiga rekannya yang di PHK bekerja kembali,” tandasnya.

Masih di tempat yang sama, Satriyawan, Kasi Hubungan Industrial Dinas Tenaga Kerja PPU mengatakan, pemerintan dalam masalah ini terus melakukan mediasi.

“Namun demikian bila kedua belah pihak belum mencapai kesepakatan, tentu ada mekanisme lain yang harus ditempuh,” jelasanya.

Puluhan personil Polisi dari jajaran Polres Penajam diturunkan untuk menjaga situasi unjuk rasa agar tidak terjadi tindakan anarkis. Hingga usai aksi kondisi terpantau aman. (Amran)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password