Siapkan Dana Sebanyak-Banyaknya, Ketua PKB Kaltim Target 8 Kursi

Safaruddin, S.Sos. (foto : LVL)

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Safaruddin, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kaltim menebar optimisme jika partai politik yang dipimpinnya akan meraih suara lebih baik pada pemilihan legislatif (Pileg) tahun 2019 dibandingkan dengan tahun 2014.

Hal ini disampaikannya saat ditemui di sela-sela tahapan perbaikan daftar calon dan syarat calon serta pengajuan bakal calon pengganti hari terakhir di Media Center Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaltim, Selasa (31/7/2018) sekitar Pukul 17:30 Wita.

Selain menyampaikan optimismenya bisa merampungkan berkas persyaratan yang diwajibkan KPU Kaltim, ia juga menyampaikan bahwa pada Pileg ini partainya akan meraih minimal 6 kursi di DPRD Kaltim dengan tetap menargetkan 8 kursi. 2 di Samarinda dan 2 Kutai Kartanegara. Pada Pileg lalu PKB Kaltim meraih 5 kursi dari sebelumnya ia sebutkan nol.

“Dengan postur komposisi Caleg yang ada, kami yakin bahwa PKB Kalimantan Timur itu mampu mendudukkan kadernya enam orang di DPRD Provinsi Kalimantan Timur,” sebutnya optimis.

Perolehan kursi itu diasumsikannya satu Dapil akan mendapat satu kursi. Bahwa kemudian ada Dapil bisa mendapatkan dua kursi, Safaruddin yang saat ini masih menjadi legislator di DPRD Kaltim hasil pemilihan 2014 lalu menyebutnya itu sebagai bonus.

“Artinya target PKB itu delapan kursi, tapi target minimalnya enam kursi,” tegasnya.

Bukan tanpa dasar Safaruddin menyebutkan demikian, dengan komposisi Caleg yang dipasangnya saat ini yang diisi sejumlah imigran politisi dari beberapa Parpol yang saat ini masih duduk di DPRD. Seperti di Kukar disebutkannya ada tujuh orang Caleg yang masih duduk di DPRD melakukan imigrasi ke PKB.

Sebelumnya, Safaruddin juga menyebutkan di Dapil Samarinda ada Herwan Susanto juga berimigrasi dari Partai Hanura ke PKB. Herwan Susanto adalah anggota DPRD Kaltim periode 2014-2019 dan merupakan mantan Ketua Partai Hanura yang terdepak dari tampuk kepemimpinannya, namun di mata Safaruddin seorang Herwan adalah bagian dari kekuatan PKB hari ini.

“Ini yang membuat kami yakin bahwa PKB Kalimantan Timur akan secara signifikan memperoleh kursi pada Pemilu 2019 yang akan datang,” imbuhnya dengan nada optimis.

Safaruddin bahkan yakin Parpol yang dipimpinnya bisa mengamankan satu kursi pimpinan fraksi, karena itu saat ini ia berkonsentrasi untuk meraih salah satu kursi pimpinan DPRD Kaltim yang harus minimal memiliki enam kursi.

Menjawab pertanyaan DETAKKaltim.Com terkait tantangan yang dihadapinya untuk meraih target minimal tersebut, Safaruddin dengan tegas mengatakan tantangan itu terkait soal kualitas individu sang Caleg. Dan hal itu yang saat ini tengah dipolesnya, meski ia juga tidak meragukan Caleg-Caleg yang pasangnya punya kualitas, kemampuan dan punya kesiapan segala-galanya termasuk finansial.

Dari sisi finansial, secara pribadi, Safaruddin yang mengaku meninggalkan zona nyaman Dapil VI meliputi Bontang, Kutai Timur, dan Berau yang mengantarkannya meraih kursi pada Pileg 2014 lalu mengatakan, saat ini ia menyiapkan dana sebanyak-banyak untuk meraih satu kursi di Dapil Balikpapan. Bahkan di atas angka Rp5 Miliar. (LVL)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password