10 Tahun Dipimpin Yusran, PPU Raih Kemajuan dan Segudang Prestasi

Yusran Aspar tidak segan-segan turun lapangan untuk melihat langsung kondisi pembangunan infrastruktur yang dikerjakan untuk mengetahui hasilnya. (foto : hms)

DETAKKaltim.Com, PENAJAM : Di usianya yang masih tergolong sangat muda, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) telah menorehkan segudang prestasi  di berbagai bidang pembangunannya, baik tingkat Kabupaten, tingkat Provinsi hingga tingkat Nasional. Keberhasilan ini tentunya tidak terlepas dari peran penting seorang Yusran Aspar yang menjabat sebagai Bupati PPU selama dua periode ini.

Dalam satu kesempatan, Yusran Aspar mengatakan seluruh prestasi maupun penghargaan yang telah diraih Kabupaten PPU  tersebut tidak semudah membalikkan telapak tangan atau bahkan cukup dengan ucapan bimsalabim. Tetapi ada perjuangan besar dari seluruh jajaran pemerintah Kabupaten PPU di sana.  Dan tentunya keberhasilan itu juga tidak terlepas dari doa dan dukungan dari seluruh masyarakat Kabupaten PPU.

“Alhamdulillah di usianya yang masih sangat muda ini, Kabupaten PPU telah mampu bersaing dengan Kabupaten/Kota lainnya khususnya di Kalimantan Timur yang usianya terpaut jauh, bahkan dalam beberapa bidang pembangunan kita mampu bersaing hingga tingkat Nasional,” kata Yusran Aspar.

Salah satu contoh, beber Yusran Aspar, melalui UPT PU yang telah dimiliki Kabupaten PPU hingga saat ini. Inovasi ini terbukti telah mampu memberikan kemajuan bagi daerah yang sangat besar hingga mampu menghemat APBD ratusan milyar rupiah per tahun. Bahkan gagasan ini menjadi inovasi terbaik di Indonesia yang kemudian dinobatkan sebagai kandidat  inovasi dunia oleh Pemerintah Pusat.

“Atas keberhasilan dan prestasi UPT PU ini dengan sendirinya banyak daerah-daerah di seluruh Indonesia datang ke PPU, untuk belajar tentang UPT PU kita dan menerapkan di daerah mereka,” kata Yusran.

Menurut mantan Kepala Bappeda Kabupaten Paser ini, bahwa memang sesungguhnya tujuan utama pemerintah Kabupaten PPU membangun daerah bukanlah sebuah penghargaan. Namun jika dalam pelaksanaannya pembangunan tersebut terbukti berhasil, maka dengan sendirinya prestasi dan penghargaan tersebut akan diperoleh daerah.

“Sudah sangat banyak sekali penghargaan yang diterima oleh Kabupaten PPU, baik tingkat Kabupaten, tingkat Provinsi maupun tingkat Nasional. Ke depan kita berharap prestasi-prestasi ini terus ditingkatkan paling tidak dapat dipertahankan daerah. Semoga Kabupaten PPU ke depan  akan semakin maju dan dicintai masyarakatnya,” harap Yusran Aspar.

Sebut saja di Tahun 2014 lalu, Pemerintah Kabupaten PPU telah memperoleh berbagai penghargaan, di antaranya Anugerah Adipura yang diserahkan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla di Istana Negara. Kemudian di tahun itu juga sederetan prestasi lainnya di antaranya sepererti Penganugerahan Aducation Award oleh Gubernur Kaltim, penghargaan Plakat Wahana Tata Nugraha (WTN) dari Kementerian Perhubungan, penghargaan Sertifikat standar kebijakan layanan dan Sertifikat standar pengorganisasian layanan dari Gubernur Kalimantan Timur dan sebagainya.

Kemudian di Tahun 2015 Pemerintah Kabupaten PPU juga memperoleh penghargaan Goverment Award 2015 dari Sindo Weekly di Jakarta, penghargaan Inovasi pelayanan publik 2015 dari Kementerian pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi, penghargaan Adhi Bhakti Tani Nelayan Nasional dari KTNA pusat, penghargaan Swasti Saba Padapa dari Menteri Kesehatan dan penghargaan Wahana Tata Nugraha dari Kementerian Perhubungan.

Sedangkan di Tahun 2016 dan 2017 Pemerintah Kabupaten PPU juga terus menorehkan prestasi gemilang di berbagai bidang pembangunan. Di antaranya di sana ada penyerahan sertifikat ISO dari Kementerian Dalam Negeri, Goverment Award  2016 dari Kementerian Dalam Negeri, penghargaan terbaik satu Administrasi Kependudukan dan pencatatan sipil kategori Kabupaten dari pemerintah Provinsi Kaltim, terbaik satu bidang gabungan kelompok tani berprestasi  tingkat Provinsi Kaltim.

Masih di tahun 2017 pemerintah Kabupaten PPU juga telah memperoleh berbagai penghargaan. Di antaranya penghargaan Piala Adipura kategori Kota kecil Tahun 2017 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dan di tahun itu juga Kabupaten PPU memperoleh Predikat Bintang Satu atau kategori sangat tinggi dalam penyusunan laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah (LPPD) dari Kementerian Dalam Negeri.

Di akhir masa jabatan Bupati PPU 2018 ini, Kabupaten PPU juga masih terus menorehkan prestasi di tingkat Provinsi Kaltim di daerahnya. Di antaranya di awal tahun ini PPU memperoleh panji keberhasilan terbaik satu bidang pengembangan IPTEK dan Inovasi, panji keberhasilan terbaik satu bidang pembangunan peternakan dan terbaik satu bidang  panji keberhasilan bidang tanaman pangan serta sejumlah prestasi lainnya.(Humas6/LVL)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password