Partai Perindo Kaltim Optimis Raih 10 Kursi DPRD Kaltim

Ketua KPU Kaltim menyerahkan tanda terima berkas pencalonan Bacaleg Partai Perindo Kaltim kepada Hamdani HB. (foto : LVL)

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Dua hari menjelang penutupan pendaftaran bakal calon anggota legislatif (Caleg) Provinsi Kalimantan Timur 2019, ternyata baru 6 partai politik (Parpol) yang mendaftarkan bakal Calegnya ke KPU Kaltim, Senin (16/7/2018) sore.

Ditemui usai menerima berkas pendaftaran Partai Perindo, M Taufik, Ketua KPU Kaltim mengatakan hingga hari ini baru Partai PKB, PAN, Golkar, Nasdem, Gerindra, dan Perindo yang mendaftarkan bakal Calegnya.

“Sampai tanggal 16 ini, KPU Kaltim baru menerima enam partai politik terkait pencalonan anggota DPRD Kaltim,” jelas Taufik di Aula KPU Kaltim.

Parpol yang telah memasukkan berkas bakal Calegnya, kata Taufik, semua terpenuhi di 6 daerah pemilihan (Dapil) yaitu sebanyak 55 orang sesuai jumlah kursi di DPRD Kaltim. Untuk syarat pencalonan semua terpenuhi termasuk keterwakilan perempuan sebanyak minimal 30 persen.

Taufik berharap hari terakhir pendaftaran besok, Selasa (17/7/2018) yang akan dibuka hingga Pukul 23.59 Wita, 10 Parpol yang belum mendaftar bisa melengkapi semua berkasnya sebelum ke KPU Kaltim. dan sebelum mendaftar agar melapor terlebih dahulu.

Terkait batas akhir pendaftaran, menjawab pertanyaan DETAKKaltim.Com, Taufik menegaskan tidak ada perpanjangan waktu.

“Setelah tanggal 17 tidak ada perpanjangan karena sudah disampaikan jauh-jauh hari,” tegas Taufik.

Hamdani HB, Ketua Partai Perindo Kaltim usai mendaftar mengatakan berkas syarat pencalonan bakal Caleg Partai Perindo Kaltim telah diterima KPU Kaltim.

“Berkas kita lengkap, tidak dikembalikan KPU. Tapi diterima,” ungkap Hamdani.

Terkait syarat keterwakilan perempuan di Caleg Partai Perindo, Hamdani mengatakan terpenuhi semua. Yang paling rendah 33 persen, bahkan ada sampai 40 persen.

Dalam merekrut bakal Caleg, Hamdani yang menargetkan 10 kursi di DPRD Kaltim mengatakan, partainya tidak memungut biaya apapun kecuali hanya membebankan kepada mereka untuk membawa Materai sendiri.

Untuk 10 kursi yang ditargetnya, 4 Dapil diharapkan dapat menyumbang 2 kursi masing-masing Dapil Samarinda, Balikpapan, Kukar, dan Dapil VI Bontang, Kutim, dan Berau.

“Kami sangat optimis dapat meraih dua kursi pada setiap Dapil itu,” tandasnya. (LVL)

 

1 Comment

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password