Pastikan Dana Pinjaman Tepat Sasaran, Komisaris PT SMI Kunjungi PPU

Yusran Aspar bersama Komisaris PT SMI saat meninjau salah satu proyek yang didanai dari pinjaman PT SMI. (foto : hms)

DETAKKaltim.Com, PENAJAM : Yusran Aspar, Bupati Penajam Paser Utara (PPU) menerima kunjungan kerja PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) dari Jakarta. Dalam kesempatan itu rombongan dipimpin langsung Komisaris Independen PT SMI, Sukatmo Padmo Sukarso, Kamis, (28/6/2018).

Usai pertemuan dilanjutkan kunjungan lapangan dengan meninjau sejumlah proyek yang dibiayai PT SMI. Kunjungan  ini juga dilakukan untuk memverifikasi secara teknis terkait pembangunan infrastruktur di Kabupaten PPU, yang telah dikerjakan menggunakan dana pinjaman PT SMI beberapa waktu lalu.

Dalam pertemuan itu Yusran Aspar menyampaikan terima kasih kepada PT SMI, yang telah memberikan bantuan berupa pinjaman dana kepada Kabupaten PPU sehingga sangat membantu pelaksanaan sejumlah pembangunan strategis di Kabupaten PPU.

Menurut Yusran Aspar, ada beberapa pembangunan insfrastruktur jalan yang dikerjakan menggunakan dana dari PT SMI di Kabupaten PPU,  masing-masing  peningkatan jalan Masjid Al-Ula Nenang-Ingkur, Akses Pelabuhan Benuo Taka tahab II, peningkatan jalan Jumaiyah Sungai Parit- Jembatan Sesumpu, peningkatan jalan Masjid Arahman-Kapao-Buluminung, pembangunan jalan Kopi-Kopi-Sungai Parit dan pembangunan Jalan Riko akses Pulau Balang, Gersik, Jenebora, Pantai Lango link I dan II dengan total pembiayaan sebesar Rp348.167.577.875 Miliar.

Masih menurut Yusran, sejumlah proyek strategis khususnya pembangunan insfrastruktur jalan di Kabupaten PPU yang dikerjakan menggunakan dana SMI tersebut, cepat atau lambat memang harus dilaksanakan. Namun  jika saat itu pinjaman terhadap PT SMI tidak terlaksana diperkirakan 5 atau 10 tahun mendatang baru dapat dilaksanakan, sementara anggaran yang dibutuhkan untuk itu tentunya akan semakin besar sementara insfrastruktur yang telah ada saat itu  tidak berlanjut dan akan mangkrak.

“Membangun itu jangan dicicil tetapi pinjamanlah yang harus dicicil sehingga hasilnya cepat terlihat dan dirasakan masyarakat. Kami sangat bersyukur Kabupaten PPU telah memperoleh pinjaman dana dari PT SMI tersebut, sehingga pelaksanaan sejumlah pembangunan strategis tersebut dapat dilanjutkan,” jelas Yusran Aspar.

Satu contoh, kata Yusran Aspar, adalah pembangunan insfrastruktur jalan penghubung Kelurahan Riko, Jenebora dilanjutkan ke Pantai Lango dan Gersik yang selama ini terisolir, dan untuk menuju ke sana hanya bisa ditempuh menggunakan jalur laut. Menurutnya, akses pembangunan jalan ini cepat atau lambat pasti dikerjakan, namun jika 5 atau 10 tahun ke depan baru dikerjakan pastilah biaya yang dibutuhkan akan semakin besar.

“Makanya kita bersyukur sekali saat ini Kabupaten PPU telah memperoleh bantuan pinjaman dana dari PT SMI, sehingga dapat membiayai atau melanjutkan proyek-proyek strategis di Kabupaten PPU tersebut,” kata Yusran Aspar.

Dalam  kesempatan ini Yusran Aspar juga mengatakan bahwa masa jabatannya sebagai Bupati PPU akan segera berakhir dalam waktu dekat. Untuk itu ia berharap kepada bawahannya agar dapat melanjutkan proyek-proyek strategis yang dikerjakan untuk kemajuan Kabupaten PPU.

“Tolong kami minta agar dijaga dan dikawal dengan sebaik-baiknya, jangan sampai ada yang mangkrak di tengah jalan. Pondasi pembangunan di Kabupaten PPU telah kami kerjakan, kalian tingal melanjutkan untuk kesejahteraan mesyarakat,” pinta Yusran.

Dalam kesempatan ini hadir juga Sekkab PPU, Tohar, Asisten II Bidang Pembangunan, Ahmad Usman, Kepala PU, Bappeda, Kepala Badan Keuangan, Tur Wahyu Sutrisno dan sejumlah unsur pimpinan di Pemkab PPU. (Humas6/LVL)

DAFTAR KEGIATAN PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR STRATEGIS KABUPATEN PPU

  1. Peningkatan Jalan Masjid Al-Ula Nenang-Ingkur, Rp48,473,954,000,- (Sudah Kontrak)
  2. Akses Pelabuhan Benuo Taka (Tahab II), Rp45,123,636,200 (Sudah Kontrak)
  3. Peningkatan Jalan Jumaiyah Sungai Parit- Jembatan Sesumpu, Rp32,095,850,000,- (Belum Kontrak)
  4. Peningkatan Jalan Masjid Ar-Rahman-Kapao-Buluminung (Akses Pulau Balang), Rp40,265,456,400,- (Sudah Kontrak)
  5. Pembangunan Jalan Kopi-Kopi, Sungai Parit-Coastal Road-Sesumpu, Rp56,908,179,000, (Belum Kontrak)
  6. Pembangunan Jalan Riko-Akses Pulau Balang Gersik-Jenebora-Pantai Lango Link II, Rp70,506,207,000,- (Belum Kontrak)
  7. Pembangunan Jalan Riko-Akses Pulau Balang Gersik-Jenebora-Pantai Lango Link I, Rp54,794,295,275,- (Sudah Kontrak).

Sumber : hms

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password