Pilgub Kaltim, Partisipasi Pemilih di 3 TPS Tidak Capai Target KPU

Pemungutan suara di TPS 08 Loa Janan Ilir. (foto : Nuralim)

DETAKKaltim.Com, LOA JANAN : Minat warga masyarakat untuk memberikan hak suaranya pada Pilkada serentak tanggal 27 Juni 2018 di Provinsi Kaltim khususnya di Kecamatan Loa Janan Ulu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), dan Kecamatan Loa Janan Ilir, serta Samarinda Ilir, Samarinda, masih kurang dari target KPU Kaltim.

Hal itu berdasarkan hasil pantauan DETAKKaltim.Com, di beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS) hingga Pukul 13:00 Wita.

Menurut keterangan Amirul Mukminin selaku Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 10, RT 09, Desa Loa Janan Ulu, Kecamatan Loa Janan, Kukar saat ditemui di lokasi TPS, hingga Pukul 13:00 Wita atau TPS ditutup, jumlah pemilih yang memberikan hak suaranya pada Pilkada Gubernur – Wakil Gubernur semuanya berjumlah 253 pemilih atau 74,6% dari jumlah DPT 339 pemilih.

“Jadi masih ada 86 pemilih yang belum memberikan hak suaranya,” beber Amirul Mukminin

Hal senada juga dikatakan Sandy Satria Erlangga, Ketua KPPS TPS 08 yang berada di RT 09 dan RT 12 Kelurahan Tani Aman, Loa Janan Ilir, Samarinda. Di wilayah TPSnya jumlah DPT 449 pemilih, sedang yang datang memberikan hak suaranya hingga TPS ditutup sebanyak 260 pemilih atau hanya 57,09 %.

“Jadi ada 189 pemilih yang tidak memberikan hak suaranya pada Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim 2018,” jelasnya.

Sedangkan di TPS 05 Kelurahan Pelita, Samarinda Ilir, tingkat partisipasi masyarakat pemilih mencapai 75,8%. Dari 264 yang terdaftar di DPT, tercatat 200 orang yang datang menyalurkan hak pilihnya.

KPU Kaltim menargetkan 77,5 % partisipasi masyarakat pemilih pada Pilgub kali ini. Berbagai upaya telah dilakukan untuk mendongkrak partisipasi masyarakat, baik secara langsung bertemu masyarakat maupun sosialisasi melalui media massa.

Bahkan sehari sebelum hari pencoblosan, KPU Kaltim masih mengundang kelompok masyarakat penyandang disabilitas untuk melakukan kegiatan sosialisasi pelaksanaan Pilgub Kaltim 2018. (Alim)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password