Suguhkan Informasi Pilkada Kaltim, KPU Keluarkan Aplikasi Berbasis Android

M.Taufik menunjukkan aplikasi Sigub Kaltim di play store. (foto : Melisa)

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Menjadi bagian dari penyelenggaraan Pilkada serentak, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaltim kini memiliki aplikasi berbasis android yang dapat diunduh melalui Play store. Aplikasi ini disebut Sistem Informasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Sigub) Kaltim 2018, sebagai wadah KPU Kaltim dalam menyuguhkan informasi terkait Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur tahun ini.

“Silahkan di-download di Hp masing-masing, untuk mendapatkan informasi mulai dari tahapan Pemilu, jadwal serta Paslon (pasangan calon) yang terdaftar mengikuti Pilkada serentak,” kata Ketua KPU Kaltim Mohammad Taufik, di Kantor sekretariat KPU Kaltim Jalan Basuki Rahmat, Selasa (26/6/2018) sekitar Pukul 14:00 Wita siang.

Selebihnya ia menambahkan, aplikasi Sigub Kaltim ini juga menjadi salah satu upaya pihak penyelenggara Pilkada Kaltim, dalam meningkatkan partisipasi pemilih. Sebab menurut Taufik, di era digital ini diperlukan sebuah gagasan untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi.

“Bagi yang ingin mengetahui quick count (perhitungan cepat) juga bisa lewat Sigub Kaltim. Tapi nanti setelah jam 1 siang ke atas usai hasil rekapitulasi di setiap TPS (Tempat Pemungutan Suara) dikeluarkan oleh setiap petugas PPS (Penyelenggara Pemungutan Suara),” urainya.

Bahkan lanjut Taufik, hasil quick count juga dapat direvisi atau diperbaiki jika terjadi kesalahan dalam menginput data.

“Hasil dari perhitungan suara di setiap daerah, juga bisa dilihat di aplikasi ini. Jadi pastikan  para pemilih dapat mengunduh aplikasi ini di smartphonenya masing-masing, untuk mengetahui apakah sudah terdaftar atau belum di Pilkada Kaltim,” tutup Taufik. (Melisa)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password