Terungkap, Istri Cawagub Safaruddin Perempuan Banjar Asal Martapura

Ny.Renny Safaruddin menggunakan jaket Banser NU. (foto : 4TM)

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Tidak banyak yang mengetahui kalau istri dari Irjen Pol (Purn) Safaruddin yang kini maju sebagai Calon Wakil Gubernur Kaltim berdampingan dengan Cagub Rusmadi Wongso, adalah perempuan asal Banjar.

Identitas itu baru terungkap, justru dari pernyataan Safaruddin ketika memperkenalkan diri dalam acara “Kupas Kandidat” yang disiarkan TVRI secara nasional, beberapa waktu lalu. Mantan Kapolda Kaltim itu awalnya memperkenalkan diri sebagai seorang yang berasal dari Polri dengan pangkat terakhir Bintang Dua atau Irjen. Dia dilahirkan di Sengkang Sulawesi Selatan, 10 Pebruari 1960.

Giliran memperkenalkan 2 anak dan istrinya, Safaruddin kemudian menyebut nama istrinya, Renny, asal Kota Martapura Kalimantan Selatan.

Banyak yang terkejut. Karena selama ini media massa luput memberitakan sosok istri pendamping hidup Safaruddin. Padahal sosok itu telah dianugerahi dua anak yang kini memasuki usia dewasa.

“Istri saya dari Martapura Kalimantan Selatan,” ucap Safaruddin, ketika menyajikan biografi dirinya serta keluarga yang disayanginya tersebut.

Selama ini, Ny Renny Safaruddin cukup dikenal sebagai Ketua Pengurus Daerah Bhayangkari Kaltim. Jabatan tersebut otomatis disandangnya, lantaran jabatan Irjen Pol Safaruddin sebagai Kapolda Kaltim.

Ketika dikulik dari fasilitas google apa kegiatan Ny Renny selama suaminya menjadi Kapolda Kaltim, diketahui di antaranya adalah kegiatan sosial seperti mengunjungi Panti Jompo Tresna Werdha Bhakti Abadi di Jalan Sosial, Sepinggan Balikpapan Selatan pada 6 September 2017.

Beberapa kalangan menyebut, Ny Renny Safaruddin termasuk tipikal seorang istri ‘rumahan’ yang lebih suka mengurus keluarga. Bahkan ketika Wartawan berusaha menemui di kediamannya, Jum’at (15/6/2018), berpapasan hari lebaran, cerita yang mengalir hanya soal menu makanan yang disukai suaminya.

Kata Ny Renny, tiap kali lebaran Idul Fitri maka menu makanan andalan yang seolah wajib ada adalah opor dan rendang daging.

“Makanan yang mesti ada saat lebaran itu opor sama rendang daging. Bapak selalu pesan itu,” tuturnya.

Sudah menjadi kebiasaan suaminya,  sebelum berangkat shalat Idul Fitri ke masjid, terlebih dulu menyantap kedua makanan tersebut.

“Sunahnya, kan, sebelum shalat Idul fitri makan dulu. Nah, pasti bapak selalu cari opor atau rendang,” ungkap Ny Renny.

Pada Idul Fitri tahun ini, Safaruddin serta keluarga memilih berlebaran di ibu kota Kaltim, Samarinda.  Mereka tinggal di Jalan Sutra Murni di kawasan Kampung Baqa Samarinda Seberang.

Usai shalat subuh Safaruddin-Renny didampingi kedua anak lelakinya, Kurniadi dan Fajrian menuju Masjid Baqa Samarinda Seberang.

Usai itu ada open house. Berbagai macam menu makanan dihidangkan di antaranya Kambing guling, Coto Makassar, Bakso dan makanan prasmanan lainnya.

Cagub Rusmadi Wongso termasuk yang mengunjungi kediaman calon wakilnya. Usai bermaaf-maafan dengan Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak di Lamin Etam, Samarinda, Rusmadi langsung menuju kediaman Safaruddin. (LVL)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password