Kejar PAD, Pemprov Libatkan Pihak ketiga Kelola Lahan Convention Hall

Convention Hall. (foto : Melisa)

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), Pemprov Kaltim kembali melibatkan pihak ketiga. Kali ini menyasar dalam pemanfaatan lahan Convention Hall, di komplek GOR Madya Sempaja, Jalan KH Wahid Hasyim, Samarinda.

Wacana ini sebelumnya pernah diserukan namun sempat terhenti dan dibahas kembali, untuk segera melakukan ground breaking atau pemancangan tahun ini.

Hal ini diungkapkan oleh Penjabat (Pj) Sekretaris Provinsi Kaltim, Meiliana, usai rapat di Ruang Tepian I, Kantor  Sekretariat Gubernur Kaltim, Jalan Gajah Mada, Kamis (31/5/2018) siang.

Rapat ini juga dihadiri oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Samarinda terkait serta perwakilan dari PT Timur Borneo Indonesia (TBI).

“Ini kita clearkan (rampungkan) dulu untuk pengelolaan lahannya nanti seperti apa. Lalu kita buat payung besar yang ada MoU (perjanjian kerja sama) dengan pihak investor, yaitu dari PT TBI,” kata Meiliana.

Ia menjelaskan, dalam pemanfaatan lahan milik Pemprov Kaltim tersebut dikelola oleh PT TBI, dengan menambahkan fasilitas berupa pusat perbelanjaan, yang terkoneksi dengan Hotel Atlet dan Gedung Convention Hall. Bahkan diproyeksikan anggaran yang akan digelontorkan mencapai Rp1 Triliun.

“Jadi nanti dalam PKS (Perjanjian Kerja sama) dengan investor (PT TBI) mereka yang akan mengelola dan membangun untuk dikembangkan menjadi pusat shopping mall (perbelanjaan),” tuturnya.

Tak hanya itu saja, lanjutnya, dalam perencanaan investor, juga akan membangun sky bridge yang dilengkapi dengan jogging track (area jogging) karena di kawasan tersebut memang diperuntukkan sebagai pusat olah raga.

Meiliana menargetkan, PT TBI segera melakukan ground breaking tahun ini juga.

“Insya Allah tahun ini sudah ground breaking, dan bisa selesai 2019 nanti. Sehingga PAD kita bisa meningkat,” tegasnya.

Terpisah, perwakilan teknis dari PT TBI yang enggan disebutkan namanya mengaku tengah mempersiapkan diri dalam kerja sama pengelolaan lahan Convention Hall.

“Tapi saya tidak ingin bicara banyak takut melangkahi Direksi. Intinya di kawasan itu (Convention Hall) akan dibangun semacam kawasan terpadu, isinya ada Hotel, Convention Hall dan pusat perbelanjaan yang saling terhubung,” jelasnya sambil berlalu pergi. (Melisa)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password