BREAKING NEWS! Pekerja Bangunan Berhasil Diselamat dari Timbunan Longsor

Tim SAR berjuang mengeluarkan Abdul Gofur dari timbunan longsor tanah galian. (foto:Tim SAR)

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Perjuangan keras tim penyelamat dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan, Kalimantan Timur-Kalimantan Utara (Kaltimra) bersama warga dalam upaya menyelamatkan korban yang tertimbun tanah longsor, membuahkan hasil manis. Setelah berjibaku selama kurang lebih 2 jam, akhirnya korban bisa diselamatkan.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan Kaltimra Gusti Anwar Mulyadi melalui Kasie Operasi dan Siaga Octavianto mengatakan, korban Abdul Gofur (37) telah berhasil dievakuasi oleh tim penyelamat (Rescuer) Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan dibantu Unsur SAR Gabungan.

“Korban dievakuasi dalam kondisi selamat dan telah dibawa menuju Rumah Sakit Kanujoso Djatiwibowo (RSKD) guna mendaptakan penanganan medis lebih lanjut,” jelas Octa sesaat setelah korban diberhasil diselamatkan sekitar Pukul 18:34 Wita, Selasa (29/5/2018).

Kronologis peristiwa yang nyaris merenggut jiwa ini dijelaskan Octa, bermula pada kira-kira Pukul 16:10 Wita beberapa pekerja sedang melaksanakan pengeboran tanah dengan Crane Pile guna membuat konstruksi pondasi bangunan di Telindung, Balikpapan. Tepatnya di Ruko Perdana MM depan eks Bak Sampah Batu Ampar Perumnas.

Pada saat itu terjadi pergerakan material galian yang berada di atas para pekerja. Saat pengeboran berlangsung terjadi longsor di tempat pengeboran, akibatnya 2 orang pekerja sempat terkena longsoran material.

1 orang keluar walau sempat ikut tertimbun, namun berhasil selamat.  Sedangkan 1 orang pekerja yang berada tepat di bawah mata Bor Crane langsung tertimbun material, setinggi sekitar kurang lebih 2 meter sehingga menutupi seluruh tubuh korban.

Rekan-rekan korban mencoba menolong dengan menggali material yang menimpa dengan alat seadanya, namun banyaknya timbunan sehingga tidak berhasil mengeluarkan korban.

Akhirnya teman korban melaporkan ke Tim Basarnas yang bersiaga di KN 408 dan KN Wisanggeni, di Dermaga Somber pada Pukul 16:40 Wita.

Pada Pukul 16:49 Wita Tim Rescuer Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan menuju ke lokasi kejadian, hingga akhirnya berhasil menyelamatkan korban yang berasal dari Jawa Tengah dan berdomisili di Panti Asuhan Aisyiah, Karang Rejo, Balikpapan.

Sejumlah unsur ambil bagian dalam upaya penyelamatan korban, masing-masing Rescuer Kantor Pencarian dan Pertolongam Kelas A Balikpapan, Crew KN 408, PKPU HI, Polsek Balikpapan Utara, BPBD, Puskesmas Batu Ampar, Info Bencana, dan warga sekitar dengan menggunakan alat Rescue Car, Crane, dan Ambulance. (LVL)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password