SBU APT Pranoto Akhirnya Terbit, Penerbangan Pertama Berau-Samarinda

Salman Lumoindong. (Melisa)

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kaltim Salman Lumoindong akhirnya secara resmi mengumumkan bahwa Sertifikat Bandar Udara (SBU) untuk Bandara APT Pranoto, telah diterbitkan oleh Kementerian Perhubungan. Hal ini langsung mendapat tanggapan positif oleh Gubernur Awang Faroek Ishak.

“Ya, Alhamdulillah SBU untuk Bandara Samarinda Baru (APT Pranoto) akhirnya dikeluarkan juga,” ujar Awang usai mengadakan konferensi pers di ruang rapat Kantor Gubernur, Jalan Gajah Mada, Rabu (16/5/2018).

Selebihnya ia memastikan rute penerbangan Bandara APT Pranoto, akan dibuat berbeda dengan Bandara Sepinggan Balikpapan.

“Agar tidak bentrok dengan Bandara Sepinggan, nanti rute penerbangannya dibuat berbeda,” sebutnya.

Terpisah, Kepala Dishub Kaltim Salman Lumoindong menyatakan sejak Senin (14/5/2018) ia sudah bertandang ke Jakarta, bertemu dengan Dirjen Perhubungan, untuk memastikan terbitnya SBU untuk Bandara APT Pranoto.

“Sejak itulah SBU sudah diterbitkan oleh Pusat. Nanti tanggal 24 akan ada percobaan penerbangan utama,” jelasnya.

Adapun maskapai yang akan terbang pertama yaitu Ekspress dengan tujuan Berau-Samarinda. Nantinya, Salman berencana untuk ikut dalam penerbangan dari Berau tersebut di Bandara Kalimara, Berau.

“Nanti rombongan dari Kalimarau dari Pukul 8:45 Wita pagi. Dan sampai ke Samarinda sekitar Pukul 9:30 Wita,” urai Salman.

Tak hanya itu, ia memastikan saat ini dari pihak pengelola Bandara juga telah menyiapkan fasilitas sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

“Namun kami usulkan kendaraan yang akan masuk menjadi angkutan bandara, harusnya untuk penumpang masal atau seperti Bus Damri. Nanti Busnya yang jemput dari daerah Kecamatan Sungai Kunjang dan Kelurahan Lempake,” jelasnya

Sebab lanjut Salman, penyediaan angkutan massal dilakukan untuk¬† mengurangi kemacetan, agar tidak krodit dan macet,” tutup Salman. (Melisa)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password