Program Peningkatan SDM, Cagub Rusmadi Libatkan Ketua RT Salurkan Beasiswa

Rusmadi-Safaruddin menjadi tamu di perayaan Hari Kenaikan Isa Almasih. (foto:4TM)

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Ada hal menarik disampaikan Cagub Rusmadi saat menjadi tamu umat Nasrani yang sedang merayakan peringatan perayaan Hari Kenaikan Isa Almasih di Dome Balikpapan, Jum’at (11/5/2018).

Jika kelak menjadi Gubernur Kaltim bersama Safaruddin wakilnya, pasangan ini ingin melibatkan para Ketua RT untuk memberikan beasiswa kepada warga di lingkungannya yang tidak mampu. Beasiswa diperuntukkan bagi anak yang berprestasi dan juga siswa dari keluarga tidak mampu.

Untuk itu, bagi Ketua RT yang mengetahui ada anak-anak usia wajib sekolah 12 tahun, tapi tidak mampu melanjutkan pendidikan, harus dilaporkan Ketua RT kepada pemerintah agar diberikan beasiswa.

Rusmadi mengajak masyarakat bekerja keras membangun daerah, salah satunya juga berpartisipasi dalam hal bidang pendidikan untuk bersama-sama sukseskan wajib belajar sekolah 12 tahun.

“Rasio anak-anak kita yang sekolah di Kaltim baru 9,2. Artinya, rata-rata anak kita masih banyak yang lulusan SMP. Kita harus kerja keras membangun Kaltim dan saya ketika menjadi Gubernur Kaltim akan programkan wajib sekolah 12 tahun,” kata Rusmadi.

Pemberian beasiswa bisa dimanfaatkan untuk sekolah pendeta bagi anak-anak dari kalangan umat Nasrani. Juga untuk pendidikan keagamaan lainnya.

Selain menyinggung soal Pendidikan, Rusmadi juga mengajak masyarakat Balikpapan bersyukur karena beberapa infrastruktur sudah mulai terbangun dan membuka potensi ekonomi lebih besar di Kaltim. Seperti, terbukanya Kawasan Industri Pelabuhan Kariangau, menyusul dibangun industri Buluminung dan terbangunnya Jembatan Pulau Balang.

“Dari sisi kualitas Sumber Daya Manusia kita di Kaltim dalam Indeks Pembangunan Manusia (IPM) pada posisi ketiga di Indonesia setelah DKI Jakarta dan DI Yogyakarta. Begitu juga, indeks kebahagiaan Kaltim pada posisi ke empat,” ujar Rusmadi.

Beberapa hasil pembangunan Kaltim selama 10 tahun, Rusmadi sebagai Kepala Bappeda Kaltim dan Sekda bersama Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak, telah terlihat.

“Seperti pengangguran telah turun, dari 11,11% pada tahun 2008 menjadi 6,9% pada saat sekarang. Kemudian, kemiskinan juga turun dari 6,9% menjadi 6,1% saat ini. Ini berkat kerja keras kita semua dan juga program pemerintah,” kata Rusmadi.

Sementara itu, calon Wakil Gubernur Kaltim nomor urut 4, Safaruddin menjelaskan kondisi jalan rusak di Kaltim masih menjadi tantangan yang harus diselesaikan.

“Insya Allah, tiga tahun jalan rusak ini kita selesaikan. Dan, kita pastikan anggaran dari pemerintah ini sampai ke masyarakat untuk pembangunan jalan dan tak ada lagi yang korupsi,” ujar Safaruddin.

Safaruddin meyakinkan kepada hadirin hari Kenaikan Isa Almasih, bahwa ia dan Rusmadi merupakan pejabat Sekda dan Mantan Kapolda Kaltim yang tak punya masalah hukum.

“Silakan cek Bapak Ibu, kami ini ada atau tidak dengan masalah hukum. Dan, kami maju dengan niat memajukan Kaltim dalam Pilgub ini,” katanya. (LVL)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password