Regenerasi, Abraham Ingan Mundur Sebagai Ketua DPW Gepak Kaltim

Abraham Ingan bersama Yos Soetomo dan beberapa tokoh Kaltim lainnya. (foto:LVL)

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Gerakan Pemuda Asli Kalimantan (Gepak) Kalimantan Timur, menyelenggarakan Musyawarah Daerah (Musda) dalam rangka memilih ketua menggantikan Abraham Ingan yang mengundurkan diri sebagai Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Gepak Kaltim.

“Tujuan Musda pada hari ini untuk memilih Ketua DPW Kalimantan Timur yang definitif dengan sasaran terciptanya demokrasi dalam organisasi,” sebut Barkati, selaku ketua panitia saat menyampaikan laporannya.

H.Barkati S.Sos,MH. (foto:LVL)

Kegiatan yang diselenggarakan di Hotel Mesra Samarinda berlangsung selama 2 hari,  Sabtu-Minggu, (12-13/5/2018) diikuti seluruh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) di 10 Kabupaten/Kota Kaltim.

Usai membuka secara resmi Musda tersebut, kepada sejumlah Wartawan, Abraham Ingan mengatakan, pengunduran dirinya dari jabatan Ketua Gepak Kaltim yang telah dipegangnya selama 16 tahun atau sejak didirikan sebagai bentuk regenerasi kepemimpinan dalam organisasi. Dan itu juga berdasarkan AD/ART Gepak yang telah terbentuk di 5 Provinsi di Kalimantan.

“Dalam DPW Gepak Kalimantan Timur saya tidak mencalonkan diri lagi menjadi ketua, sudah hampir enam belas tahun menjadi ketua. Kita serahkan ke Musda ini supaya dipilih ketua yang baru untuk Kalimantan Timur,” jelas Abraham.

Dalam beberapa tahun ini, setelah Gepak terbentuk di Provinsi Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur dan menyusul Kalimantan Utara, Abraham didaulat menjadi Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Gepak Kalimantan. Iapun akhirnya merangkap jabatan sebagai Ketua Gepak Kaltim, hingga pengunduran dirinya disampaikan dalam sambutannya sebelum membuka Musda.

Abraham berharap pergantian pengurus ini tetap menjaga kondusifitas Kalimantan Timur yang telah dijaga selama 16 tahun, sembari membenahi administrasi untuk persiapan Musyawarah Besar (Mubes) yang akan dilaksanakan meski waktunya belum bisa ditentukan.

Saat disinggung tentang cita-cita besar Gepak ke depan, mantan anggota Polisi ini menuturkan, ia menginginkan Gepak melahirkan pemimpin yang akan berkiprah baik di tingkat daerah maupun nasional, bahkan internasional di segala bidang. Baik bidang politk, ekonomi maupun pendidikan.

Karena itu, Abraham menekankan pentingnya kader-kader Gepak untuk meningkatkan sumber daya manusianya melalui pendidikan, sehingga ketika terbuka peluang untuk menjadi pejabat di level Menteri atau Wakil Presiden, bahkan Presiden sekalipun tidak ada Undang-Undang yang menghambat.

Terpisah, untuk menjadi Ketua DPW Gepak Kaltim yang akan menjabat selama 4 tahun ke depan, disebutkan Barkati, tidak ada persyaratan khusus. Bahkan orang di luar Gepak juga boleh mencalonkan diri.

“Yang terpenting yang bersangkutan siap tinggal di Samarinda, sebagai Ibukota Provinsi Kalimantan Timur,” sebutnya.

Namun Barkati juga berharap, ketua yang terpilih bisa membawa DPW Gepak Kalimantan Timur bisa lebih solid dengan DPC dan selalu konsolidasi ke bawah.

Hadir dalam pembukaan Musda ini sejumlah tokoh masyarakat Kaltim, di antaranya Yos Soetomo, dan Laden Mering, serta Yudha Pranoto, Kepala Kesbangpol mewakili Gubernur Kaltim. (LVL)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password