Kasat Binmas Polresta Samarinda Puji Langkah Calon Kepala Daerah

Paslon Gubernur Kaltim 2018. (foto:LVL)

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu), baik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) seperti Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kaltim, Pemilihan Bupati (Pilbup) Penajam Paser Utara (PPU) upaya pengamanan terus dilakukan secara sistematis.

“Kami utamakan langkah preventif atau pencegahan terlebih dahulu. Caranya melakukan pendekatan ke tokoh masyarakat, toko politik, kuncinya TNI Polri netral. Polisi sudah menyiapkan langkah dan strategi pengamanan, utamanya yang preventif,” kata Kasat Binmas Polresta Samarinda Kompol Harry Widodo kepada DETAKKaltim.Com, saat bertemu di TVRI Samarinda, Kamis (10/5/2018).

Kompol Harry Widodo. (foto:Melisa)

Iapun menilai langkah para calon Kepala Daerah di Kaltim sudah benar dengan menggunakan pendekatan door to door (dds). Sehingga potensi konflik cenderung rendah.

“Perkiraan kami justru eskalasi konflik mungkin terjadi pasca pencoblosan, kemudian penghitungan suara. Biasanya kalau yang sudah kalah cari-cari kesalahan. Namun saya anggap masyarakat Samarinda bisa bersikap cerdas,” terang Harry.

Selebihnya, ia juga menegaskan apabila ke depannya terjadi gesekan atau kekacauan, pihaknya juga telah menyiapkan langkah pengamanan sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) dan Protap yang jelas.

“Nanti ada juga TFG (technical floor game) untuk berhitung kekuatan berapa yang selalu standby bergerak,” jelasnya.

Namun pihaknya tetap mengedepankan upaya pencegahan, atau preventif yang akan dilakukan jauh hari, sebelum Pilkada bergulir.

“Karena kita juga perlu memetakan kondisi masyarakat, beserta potensi konflik yang bisa terjadi. Hanya saja sampai sekarang belum ada  potensi ricuh,” tutupnya. (Melisa)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password