Dari Debat Pilgub, Menuju Kaltim Bermartabat Bersama Paslon Nomor 4

Rusmadi-Safaruddin tampil meyakinkan dalam Debat Kandidat Gubernur Kaltim Bagian II. (foto:4TM)

DETAKKaltim.Com, JAKARTA : Kaltim Bermartabat sepertinya tak lagi sekadar slogan. Ini sudah diaplikasikan Tim Pemenangan pasangan calon (Paslon) nomor 4 saat Debat Pilgub Kaltim II di Studio iNews, MNC Tower, Lantai 14 dan 15, Jakarta, Rabu (9/5/2018) malam kemarin.

Para pendukung Rusmadi-Safaruddin, menunjukkan sikap elegan dengan tampil paling tertib selama Debat Pilgub Kaltim II berlangsung. Padahal jumlah mereka justru paling banyak dibanding tiga pendukung paslon lain.

“Tim pemenangan kubu merah putih nomor 4 asyik. Mereka kompak sekali dan tertib. Kami jadi tak sulit mengatur,” ucap seorang krew iNews yang ditugaskan memandu tim pemenangan agar acara berjalan tertib.

Usut punya usut, ternyata, mereka sepakat ingin menunjukkan sikap santun sepanjang Debat Pilgub Kaltim II. Bagi mereka, sikap pendukung merupakan cerminan sosok Paslon yang mereka dukung.

“Apalagi ini siaran langsung, pasti ditonton banyak orang. Kami harus memberikan contoh yang baik, bukan hanya kepada masyarakat Kaltim, tapi masyarakat Indonesia secara umum yang menyaksikan acara ini,” ucap salah satu simpatisan Rusmadi Wongso-Safaruddin, yang hadir dalam acara tersebut.

Bukti sikap santun tersebut ditunjukkan ketika para pendukung Paslon lain saling berteriak di sesi question and answer (QnA) antara Isran Noor dan Sofyan Hasdam. Isran yang mendapat kesempatan lebih dulu, justru tak serius saat memberikan pertanyaan kepada mantan Wali Kota Bontang tersebut.

“Calon gubernur ya?” tanya mantan Bupati Kutim itu.

Pertanyaan Isran tersebut justru mengundang gelak tawa dan riuh suara dari seluruh penonton yang hadir. Namun, situasi ini justru tak memancing reaksi para pendukung Paslon nomor 4 untuk ikut serta.

Situasi lain yang sempat membuat gaduh adalah ketika pihak iNews menyita atribut pendukung Paslon nomor urut 3 yang dianggap melanggar aturan di Debat Pilgub Kaltim II. Situasi ini lagi-lagi memancing ejekan para pendukung Paslon lain, terkecuali barisan pendukung Rusmadi-Safaruddin yang memilih diam.

Sorak-sorai baru ditunjukkan para pendukung Paslon nomor 4 rehat iklan. Kesempatan off air itu dimanfaatkan untuk tim pemenangan yang datang dari 10 Kabupaten/Kota di Kaltim untuk menyanyikan yel-yel sesuai arahan penyelenggara acara.

Bahkan, hingga akhir acara Debat Pilgub Kaltim II, para pendukung Paslon nomor urut 4 tak ikut langsung naik panggung. Namun memilih ikut bernyanyi di kursi audiens bersama-sama.

Cagub Kaltim nomor urut 4, Rusmadi Wongso, mengucapkan rasa terima kasihnya kepada para pendukung yang telah hadir dan tertib selama acara.

“Dari atas panggung, saya melihat bagaimana sikap mereka. Saya merasa sangat senang, karena mereka bisa menunjukkan bagaimana Kaltim harus bermartabat dalam situasi apapun dan dimanapun,” ucapnya.

Di lain sisi, Rusmadi juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Kaltim secara umum yang telah menyaksikan Debat Pilgub Kaltim II.

“Acara seperti ini tentu penting bagi masyarakat kita untuk menilai bobot, bebet, dan bibit masing-masing Paslon. Saya harap, apa yang saya sampaikan dan Pak Safaruddin sampaikan di acara ini dapat menjadi gambaran bagaimana kerja kami 5 tahun mendatang. Ini juga biar masyarakat kita tahu siapa yang harus mereka pilih nanti,” tutup Rusmadi. (LVL)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password