Ziarah Jelang Waisak, Simbol Perhomatan Leluhur

Ummat Budha berziarah ke TMP sebagai wujud penghormatan kepada pahlawan dan leluhur. (foto:1st)

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Menjelang hari Raya Trisuci Waisak 2562 BE ( Buddhis Era ) / 2018 yang akan diperingati pada tanggal 29 Mei mendatang, segenap umat Budha di Indonesia melakukan berbagai kegiatan berupa karya bakti dan bakti sosial maupun kegiatan penghayatan ajaran Sang Buddha, sebagai perwujudan pengamalan ajaran Sang Budha.

Seperti yang dilakukan Ummat Budha  di Samarinda, Kaltim. Tak kurang dari 300 orang ummat Budha menggelar bakti Sosial di Taman Makam Pahlawan (TMP) Jalan Kusuma Bangsa Samarinda, Minggu (6/5/2018).

Hal ini diungkapkan oleh perwakilan Mahavihara Sejahtera Maitreya Buddhis Center Samarinda Dharmadi.

“Ya tadi kami sudah melaksanakan upacara dan penghormatan kepada para pahlawan, sebagai simbolis dilanjutkan tabur bunga untuk mengenang jasa para pahlawan,” kata Dharmadi kepada DETAKKaltim.Com.

Adapun detik-detik Waisak, sebutnya, pada Pukul 21:19.13 Wib, secara Nasional dilaksanakan di Candi Borobudur. Di mana rencananya Presiden Indonesia Joko Widodo akan berkenaan hadir didampingi Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin.

Selebihnya ia menambahkan, Ummat Budha sebagai bagian dari Bangsa Indonesia berharap kegiatan sosial yang digelar dalam rangkaian perayaan  Waisak, dapat memperkuat tali persaudaraan antar ummat beragama.

“Karena perayaan Trisuci Waisak, merupakan Perayaan Hari Besar Ummat Budha untuk memperingati 3 peristiwa penting dalam kehidupan Sang Buddha, yaitu Hari Kelahiran Pangeran Sidharta, Hari Pencapaian Kesempurnaan Pertapa Gautama, dan Hari Parinibbana/wafatnya Sang Buddha yang terjadi pada waktu yang sama di saat bulan Purnama di  bulan Waisaka, yang biasanya jatuh di bulan Mei setiap tahunnya,” urainya.

Ia juga mengatakan, dalam agenda silaturrahmi Waisak tanggal 4 Juni dan puncaknya Perayaan Dharmasanti Waisak yang dilaksanakan pada tanggal 10 Juni 2018, dengan mengundang Gubernur Awang Faroek Ishak,  dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), Kakanwil Kementerian Agama Kaltim, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), dan tokoh-tokoh dan perwakilan lintas agama sebagai wujud Kebersamaan dalam Keharmonisan, di mana rencananya Dirjen Bimas Budha RI akan turut hadir bersama dalam perayaan tersebut. (Melisa)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password