Program Kaltim Sehat, Rusmadi-Safaruddin Bebaskan Biaya BPJS

Tim Medis Paslon Nomor 4 melayani warga. (foto:4TM)

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Tim pemenangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim nomor urut 4 Rusmadi-Safaruddin, memahami betul apa yang dibutuhkan warga. Itu sebabnya tiap kali ada acara sosialisasi, Cawagub Safaruddin disertakan juga tim medis untuk melayani pengobatan gratis bagi warga.

Tim medis terdiri dari satu orang Dokter, satu orang Bidan dan tiga orang Perawat. Seperti yang dilakukan ketika Cawagub Safaruddin silahturrahmi dengan tokoh masyarakat di rumah H Suryadi, Jalan Kahoi 7, Blok B 7 RT 31, Kelurahan Karang Anyar, Kecamatan Sungai Kunjang, Samarinda, Rabu (2/5/2018).

Warga beramai-ramai datang ke tempat itu, tidak saja sekedar ingin menemui Cawagub Safaruddin yang popularitasnya makin meningkat, tapi mereka juga ikut mengantri untuk memeriksakan kesehatannya.

Menurut Dokter Indah yang akrab disapa Iren kepada wartawan, kebanyakan warga yang berobat adalah golongan lanjut usia (Lansia) dan rata-rata keluhan mereka adalah darah tinggi, kolestrol dan asam urat. Selain Lansia, ada juga orang tua membawa anak Balitanya yang terkena batuk pilek.

“Setelah dilakukan pemeriksaan mereka kemudian kita berikan vitamin dan obat sesuai dosis pemakaian,” terang Iren.

Dalam setiap kali kunjungan sosialisasi Cawagub Safaruddin, di daerah menghabiskan berdus-dus obat yang disiapkan tim medis.

“Ini artinya masyarakat belum sepenuhnya mendapatkan jaminan kesehatan,” terang Iren lebih lanjut.

Pasangan Rusmadi-Safaruddin punya program konsentrasi dalam bidang kesehatan masyarakat. Langkah pertama adalah, memastikan semua warga tidak takut soal biaya jika sedang sakit. Pemerintah Provinsi Kaltim – jika Rusmadi-Safaruddin terpilih, menanggung iuran BPJS bagi warga tidak mampu. Dengan demikian, seluruh warga bisa tertanggung biaya rumah sakitnya oleh BPJS.

Selain soal jaminan kesehatan dari BPJS, Rusmadi-Safaruddin juga akan mendekatkan fasilitas pelayanan Puskesmas dengan masyarakat. Puskesmas rawat inap dibangun di banyak Kecamatan, juga 10 Rumah Sakit Pratama.

“Di dalam Kaltim Bermartabat itu salah satunya adalah program Kaltim Sehat. Saya sudah melihat dari dekat bagaimana masyarakat kita mengalami kesulitan dalam hal pelayanan kesehatan ini. Lima tahun ke depan, kami berusaha meningkatkan seluruh layanan kesehatan ini,” ujar Cagub Rusmadi dalam beberapa kesempatan. (LVL)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password