Difasilitasi PKT, Puluhan Kader Asuhan Bina Mandiri Ikuti Pelatihan Akupresur

Para peserta pelatihan akupresur dikenalkan teori. (foto: arsyad)

DETAKKaltim.Com, BONTANG : Sebagai perusahaan industri ternama di Indonesia, Pupuk Kaltim (PKT) kembali memfasilitasi dan melaksanakan pelatihan Akupresur kepada kader Asuhan Bina Mandiri. Hal ini merupakan salah satu bentuk kepedulian terhadap peningkatan kesehatan masyarakat melalui program CSR, Selasa (17/4/2018).

Bertempat di Puskesmas Bontang Utara II, Jalan Arief Rahman Hakim, Kelurahan Loktuan, Kecamatan Bontang Utara, Kalimantan Timur, pelatihan tersebut diikuti oleh puluhan kader dari PKK Kelurahan Guntung dan Loktuan, kader Posyandu serta kelompok binaan.

Peserta diajarkan cara memijat oleh instruktur (foto: Arsyad)

Pelatihan ini merupakan salah satu program unggulan Pupuk Kaltim pada bidang pelayanan kesehatan masyarakat. Dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas warga binaan dalam mengatasi berbagai penyakit tidak menular.

Mewakili Manajemen Pupuk Kaltim, Esti Wulandari menerangkan, program ini telah dicanangkan pada rencana kerja perusahaan tahun 2018 ini, dengan menerapkan metode Akupresur baik di lingkungan keluarga peserta maupun kepada masyarakat umum.

Dengan adanya program pelatihan Akupresur ini, para peserta diharapkan mampu membantu dan menekan beban masyarakat untuk berobat. Sebab, melalui teknik pemijatan secara tradisional tersebut juga mampu mengatasi penyembuhan penyakit ringan seperti nyeri pada titik tertetntu.

“Di samping itu, pelatihan ini juga persiapan kelompok mitra binaan yang akan mengikuti kejuaraan tingkat Provinsi. Jika menang akan melaju ke tingkat Nasional,” ujarnya kepada DETAKKaltim.Com usai mengikuti pelatihan.

Dwiyanti, mewakili Kepala Puskesmas Bontang Utara II menyampaikan terima kasih kepada Pupuk Kaltim yang terus memperhatikan masyarakat melalui program CSR. Ia berujar, pembekalan ini sebagai bentuk Pelayanan Kesehatan Tradisional Komplementer (Yankestradkom) dilakukan dalam rangka peningkatan pembinaan berkelanjutan.

Sebelumnya, kedua kelompok binaan ini telah dibekali teknik dasar Akupresur, tepatnya pada 28 Juli 2017 lalu. Akan tetapi tidak menutup ruang bagi para peserta untuk terus menimba ilmu agar nantinya mampu mengatasi penyakit-penyakit yang dihadapinya.

Dia berharap, kegiatan ini bisa terus digalakkan kepada mitra binaan Pupuk Kaltim, agar kapasitas para kader tersebut juga terus meningkat. Serta pada kesempatan ini peserta benar-benar memahami terkait apa yang diperoleh.

“Harus sering dipraktekkan biar tidak lupa. Paling tidak bisa diterapkan ke keluarga dulu, terhadap teman hingga masyarakat luas. Harapannya, bisa meningkatkan kapasitas kader,” imbuhnya.

Akupresur merupakan teknik penyembuhan tradisional terhadap kasus keluhan penyakit yang ringan. Selain itu, dapat dilakukan dengan menggunakan ujung jari, siku atau dengan menggunakan alat yang tumpul dan tidak melukai permukaan tubuh pasien.

Berita terkait : Pupuk Kaltim Sosialisasikan Penerapan SNI ke Mitra Binaan

Manfaat pijat akupresur di antaranya, meningkatkan daya tahan dan kekuatan tubuh, mencegah penyakit tertentu, mengatasi keluhan dan penyakit ringan biasa, memulihkan kondisi tubuh, serta memberikan rangsangan berupa pijatan agar keseimbangan tubuh kembali normal.

Adapun puluahan peserta yang mengikuti pelatihan ini, sebelum melakukan praktek memijat, terlebih dahulu diberikan pembekalan materi dari instruktur. (arsyad)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password