Sambangi Keluarga di Paser, Cawagub Safaruddin Serap Keluhan Warga

Safaruddin bersama tokoh masyarakat Paser di hadapan warga. (foto:4TM)

DETAKKaltim.Com, PASER : Ternyata calon Wakil Gubernur (Cawagub) nomor 4 Irjen Pol (Purn) Safaruddin juga berada di Tanah Grogot, Kabupaten Paser, ketika Cagub pasangannya Rusmadi Wongso sedang berkampanye di daerah itu. Hanya saja, keduanya sengaja kampanye tak bersamaan mengingat luasnya kabupaten itu, Jum’at (13/4/2018).

Ketika Cak Rus – panggilan akrab Rusmadi- bertemu dengan masyarakat Kecamatan Long Ikis dan Long Kali, berdialog dengan petani perkebunan Kelapa Sawit, Cawagub Safaruddin yang menyusul dari Balikpapan menemui tokoh masyarakat yang masih kerabatnya, Ambo Sulo.

“Keluarga besar kami ada di Tanah Grogot,” kata Ambo Sulo yang disambangi Safaruddin. Untuk itu dia merasa yakin dukungan terhadap pasangan Rusmadi-Safaruddin dalam pemilihan 27 Juni 2018 sangat besar.

Ambo Sulo mengatakan, di dalam keluarga sosok Safaruddin menjadi panutan. Bukan hanya karena keberhasilannya meraih pangkat Jenderal (Irjen-red) dan pernah menjadi Kapolda Kaltim, tapi karena keteladanan dan sangat relijius.

“Dari dulu memang begitu Pak Safar ini. Relijius, tidak pernah meninggalkan sholat, walau sibuk bagaimanapun,” ucap Ambo Sulo.

Karena keteladanan itu dia merasa Safaruddin patut diperjuangkan untuk menjadi wakil gubernur Kaltim berpasangan dengan Rusmadi Wongso. Menurutnya, warga Kaltim tidak salah memilih pasangan ini.

Meski banyak diwarnai obrolan keluarga, namun pertemuan yang menghadirkan warga sekitar juga diselingi dengan penyampaian Curhat mereka. Salah satu yang dikeluhkan masyarakat di sana adalah akses jalan lingkungan, yakni dari perkampungan mereka ke lahan sawah mereka. Akses jalan tani menuju ke sawah sekarang ini belum diaspal.

Menanggapi hal tersebut Safaruddin menyampaikan pada program kerjanya bersama Rusmadi ada ‘Kaltim Mulus”, yakni memprioritaskan jalan-jalan di Kaltim mulus semua. Sedangkan menyangkut jalan lingkungan menuju sawah, yang kemungkinan statusnya adalah jalan Kabupaten, maka bisa dilakukan dengan koordinasi.

Pada Dasa Cita Rusmadi-Safaruddin juga bakal dialokasikan Rp5 Miliar – Rp10 Miliar per Desa. Menurut Safaruddin, nantinya warga Desa bisa menggunakan dana bantuan ini untuk perbaikan jalan lingkungan.

“Bisa saja bantuan dari Provinsi digunakan untuk infrastruktur jalan. Yang penting, masyarakatnya harus kompak. Saling bahu membahu, gotong royong. Jangan semuanya dimintakan ke pemerintah,” ucap Safaruddin.

Warga bernama Sabri setuju agar pasangan Rusmadi-Safaruddin memperbesar porsi anggarannya untuk membantu Desa. Ia memahami, kondisi jalan di Kabupaten Paser kemungkinan berbeda dengan daerah lain. Namun dengan adanya komitmen dari Cawagub Safaruddin membuatnya cukup percaya jika pasangan ini kelak akan mewujudkannya jika menang dalam Pilgub Kaltim.

“Terkadang Pak. Sawah kami tinggal satu bulan lagi panen, tapi karena datang banjir, sawah kami tidak bisa dipanen karena kebanjiran,” keluh  Sabri.

Satu hal lagi disampaikan Sabri yang ternyata juga adalah pembina Atlet Dayung. Menurutnya, jika kelak memimpin Kaltim memberi perhatian kepada atlet.

“Kami ini Atlet Dayung Paser yang berprestasi pak. Hingga ke tingkat internasional, tapi terkadang ketika ada perlombaan di luar Pulau Kalimantan, kami ndak bisa ikut, karena kami ndak punya dana untuk transportasi dan akomodasi,” tutur Sabri.

Tentang hal itu Safaruddin mengaku masih lemahnya perhatian pemerintah terhadap rakyatnya. Termasuk pada atlet yang berprestasi. Safaruddin mengatakan dia bersama Rusmadi sudah berkomitmen selalu hadir di tengah-tengah permasalah masyarakat.

“Pemerintah harus hadir di tengah-tengah suka maupun duka yang dihadapi masyarakat,” tandas Safaruddin. (LVL)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password