Tersandung Kasus Sabu, Seorang Pegawai DPKP Kutim Dipecat

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Joko Sutikno. (foto:1st)

DETAKKaltim.Com, KUTAI TIMUR : Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kutai Timur, memecat secara tidak hormat salah satu pegawainya yang terlibat dalam kasus Narkotika jenis Sabu.

Hal ini dilakukan lantaran tenaga kerja kontrak daerah (TK2D) yang baru bekerja di DPKP Kutim sejak 2017 tersebut, tertangkap tangan oleh Kepolisian sebagai tersangka pengedar Narkoba jenis Sabu.

Tersangka tersebut berinisial RF (25), yang merupakan warga Jalan Yos Sudarso I, Gang Nurillahi RT 03, Desa Sangatta Utara, Kecamatan Sangatta Utara.

“Saya keluarkan. Statusnya tidak TK2D lagi,” tegas Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan  Penyelamatan (DPKP) Kutim, melalui Kepala Bidang Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Joko Sutikno.

Padahal, DPKP Kutim kerap kali memberikan himbauan kepada semua anggotanya di kala apel maupun pertemuan-pertemuan lainnya. Baik secara langsung maupun tidak. Bukan kali pertama, akan tetapi sudah berulang kali diberikan nasehat agar menjauhi Narkoba.

“Kami sangat serius kalau masalah Narkoba. Makanya setiap apel kami berikan himbauan agar jangan coba-coba dengan Narkoba. Kalau seperti ini ya terpaksa kami pecat.  Secara otomatis saya coret,” ucapnya.

Pemecatan ini merupakan sanksi terberat yang harus diterima. Sehingga pegawai lainnya  dapat berkaca dan mengetahui akibat dari peristiwa memalukan tersebut. Jangan sampai, perbuatan buruk ini kembali terulang di DPKP.

“Tentu saja kami tidak menghendaki hal itu. Kalau terbukti,  tanggung sendiri konsekuensinya. Kami akan langsung berhentikan. Jadi jangan main-main,” ancamnya.

Memang katanya, pemecatan ini hanya bersifat sementara. Sambil menunggu putusan tetap. Jika dugaan tersebut benar, maka secara otomatis pelaku akan dipecat selamanya. Jangankan terlibat Narkoba, tidak masuk kerja tanpa pemberitahuan dan atau alasan tidak jelas dalam waktu yang ditentukan, maka OPD terkait berhak memberikan  pemecatan.

Berita terkait : 2 Pelaku Peredaran Sabu Diamankan Polres Kutim, 1 Pegawai Pemadam Kebakaran

Sebelumnya diberitakan, RF diciduk jajaran Polres Kutim bersama seorang rekannya bernama SF (37), Kamis (5/4/2018), lantaran terbukti memiliki dan menyimpan Narkotika jenis Sabu.

Keduanya pun langsung digiring ke Makopolres Kutim untuk proses lebih lanjut. Sementara itu, mereka dijerat Pasal 114 Ayat (1) junto Pasal 112 ayat (2) junto Pasal 127  ayat (1) Undang-Undang RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. (arsyad)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password