Barang Bukti Ditemukan di Garasi, Pemilik Sabu Divonis 4 Tahun 6 Bulan

Pengadilan Negeri Samarinda. (foto;LVL)

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Sopiansyah alias Ian (45) hanya bisa pasrah dan harus menerima kenyataan pahit jika sebagian masa hidupnya harus dihabiskan di balik jeruji besi, hal ini terjadi setelah divonis penjara 4 tahun 6 bulan denda Rp800 Juta subsidair 4 bulan, Selasa (10/4/2018).

Majelis Hakim Pengadilan Negeri Samarinda, Kalimantan Timur, yang dipimpin Maskur SH dengan Hakim Anggota Achmad Rasyid Purba SH MHum dan Ir Abdurrahman Karim SH sependapat dengan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Dian Anggraeni SH dari Kejaksaan Negeri Samarinda, yang menilai terdakwa secara sah dan meyakinkan terbukti melakukan perbuatan tindak pidana sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam dakwaan Kedua Pasal 112 ayat (1) Undang-Undang Nomor 35 Tahunn 2009 Tentang Narkotika.

“Pada diri terdakwa tidak ditemukan alasan pemaaf ataupun pembenaran sehingga terdakwa dapat dikenakan pertanggungjawaban pidana,” kata JPU dalam tuntutannya yang diamini Majelis Hakim dalam pertimbangan putusannya.

Meski demikian, Sopiansyah masih harus bersyukur karena tidak semua tuntutan JPU diamini Majelis Hakim. Dalam tuntutannya, JPU menuntutnya pidana penjara selama 5 tahun 6 bulan denda Rp800 Juta subsidair 6 bulan.

Kasus ini bermula ketika terdakwa ditangkap anggota Polresta Samarinda di Jalan Aji Samad, Blok F, RT 36, Kelurahan Pelita, Samarinda, di sebuah garasi mobil, Rabu (13/9/2017) sekitar Pukul 16:00 Wita.

Penangkapan terhadap terdakwa atas informasi dari masyarakat bahwa akan ada transaksi Narkoba di tempat tersebut. Berbekal informasi itu anggota Kepolisian lalu melakukan penyelidikan dan mendapati terduga pelaku sesuai ciri-ciri yang disampaikan masyarakat.

Saat dilakukan penggeledahan ditemukan barang bukti berupa Sabu-Sabu 2 poket seberat 0,80 Gram/Brutto yang disimpan di dalam kotak Kacamata berwarna hitam di dalam garasi,  1 poket Sabu seberat 0,25 Gram/Brutto juga ditemukan di dinding garasi. Selanjutnya saat dilakukan penggeledahan di kediamannya kembali ditemukan Sabu seberat 0,38 Gram/Brutto yang ditemukan di lantai dalam rumah di atas teras loteng.

Atas putusan ini, setelah berkonsultasi dengan Endah Sulistyani SH, Penasehat Hukumnya dari Lembaga Bantuan Hukum Widyagama yang disediakan Negara menyatakan terima. Begitu juga dengan JPU menyatakan menerima.

“Terima yang mulia,” sebut terdakwa pelan. (LVL)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password