Kunjungi Agro Wisata, Cagub Rusmadi : Saya Prioritaskan Desa Karang Joang

Cagub Rusmadi menyaksikan lahan perkebunan sayur mayur di Desa Karang Joang, Balikpapan. (foto:4TM)

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN :  Mampu menjadi sentra sayur mayur dan buah-buahan untuk penyalur di 3 kota, Desa Karang Joang, Agro Wisata Kilometer 23, Jalan Poros Samarinda Balikpapan membuat calon Gubernur Kaltim nomor urut 4 Rusmadi merasa bangga.

Menyaksikan langsung potensi Desa Karang Joang, Rusmadi yang bergelar Doctor of Philosophy (Ph.D) dari University of the Philiphines Los Banos ini dengan spontan menjanjikan dana Desa mandiri. Dana Desa nantinya bisa digunakan untuk pertanian tanpa pupuk kimia.

“Saya prioritaskan Desa Karang Joang Agro Wisata mendapat dana desa dalam 100 hari kerja ketika saya dan Bapak Safaruddin menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur,” ujar Rusmadi saat bertemu para petani, Minggu (8/4/2018).

Program dana desa sebesar Rp5-10 Miliar per Desa menjadi salah satu yang digulirkan Paslon nomor 4 Rusmadi-Safaruddin, yakni dalam menjadikan Kaltim Mandiri. Dana tersebut untuk mengangkat petani dan ekonomi Desa agar mampu bersaing.

Kegiatan temu Rusmadi dan para petani di Desa Karang Joang ini dihadiri Ketua RT dan Ketua Kelompok Tani. Menurut Rusmadi, potensi pertanian organik yakni bertani tanpa pupuk kimia, pemasarannya masih sangat terbuka. Masyarakat Kota berminat sekali konsumsi sayur mayur dan buah yang sehat tanpa pupuk kimia.

“Apalagi, masyarakat Kota perlu juga rekreasi ke Desa. Dan Desa Karang Joang bisa salah satu tempat tujuan wisata” kata Rusmadi.

Sektor pertanian akan digenjot pasangan Rusmadi-Safaruddin begitu menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim. Sektor pertanian adalah bidang sangat dikuasai mantan Dekan Fakultas Pertanian Unmul itu, karena nantinya diandalkan paling besar menyerap tenaga kerja untuk Kaltim ke depan.

Dalam program pertanian ini, Rusmadi-Safaruddin akan menyediakan kebun rakyat atau kemitraan seluas 50 ribu hektar. Dan perhutanan sosial 600 ribu hektar untuk masyarakat Desa dalam memanfaatkan hasil hutan seperti obat-obatan, madu dan rotan. (LVL)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password