Cagub Rusmadi di Konferwil NU, Cawagub Safaruddin di Pasar Teritip

Cagub Rusmadi di Konferwil NU, Kaltim. (foto:4TM)

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Rusmadi Wongso, calon Gubernur Kaltim menunjukkan kerendahan hatinya saat mencium tangan mantan atasannya, Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak ketika bertemu pada acara Pembukaan Wilayah (Konferwil) IX Nahdhatul Ulama yang digelar di Pondok Pesantren Al Mujahidin Jalan KH Harun Nafsi, Samarinda Seberang, Jum’at (6/4/2018). Sementara Cawagub Safaruddin blusukan di Pasar Teritip Balikpapan.

Adegan cium tangan itu terekam dan disaksikan seluruh undangan. Dengan sikap penuh hormat, Rusmadi datang menghampiri dan membungkuk sambil mencium tangan yang disambung cium pipi kanan dan pipi kiri.

Tidak ada yang berubah dengan Pak Rusmadi ya. Beliau tetap sama seperti waktu jadi Sekda Provinsi. Kalau ketemu Pak Awang, ya cium tangan begitu,” ucap seorang staf yang mengawal Gubernur Awang Faroek Ishak.

Rusmadi dalam beberapa kali wawancara dengan Wartawan mengakui kalau Pak Awang Faroek Ishak sangat dihormatinya dan sudah dianggap seperti orang tua sendiri. Dia juga menilai Awang sebagai guru yang baik dan telah banyak membimbingnya mengenal birokrasi dan politik anggaran selama dipercaya menjadi Kepala Bappeda dan Sekdaprov.

Rusmadi hadir memenuhi undangan panitia Konferwil IX NU yang menghadirkan Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak, Ketua DPRD Kaltim H Syahrun, Ketua NU Kaltim KH Muhammad Rasyid.

Konferwil merupakan konferensi para alim ulama yang dimaksudkan untuk evaluasi dan menyusun program kerja NU Kaltim setiap lima tahun.

Dalam kesempatan ini, Awang memberi harapan siapapun yang akan menjadi Gubernur Kaltim 2018-2023, kemakmuran masyarakat Kaltim tetap berlanjut dan berkesinambungan.

“Daya saing Provinsi Kaltim nomor tiga di Indonesia. Itu karena berdasarkan sumber daya alamnya. Tapi, ke depan, sumber daya manusia di Kaltim harus berkualitas,” kata Awang.

Awang menjelaskan NU selama ini terus mendukung program-program pemerintah. Dan, NU selalu datang dengan damai dengan tidak memberangus budaya lokal.

Sementara, kegiatan pasangan Rusmadi, Calon Wakil Gubernur Kaltim Safaruddin di Balikpapan, sejak pagi sudah blusukan di Pasar Teritip. Hujan deras yang menimpa kawasan itu, tidak menyurutkan semangat Purnawirawan Jenderal Polisi Bintang 2 itu untuk berada dekat dengan para pedagang pasar.

Menggunakan kaus merah, mantan Kapolda Kaltim tiba di lokasi sekitar jam 7:30 Wita. Dia langsung menyapa para pedagang di lapak yang beratap. Tapi, sebagian pedagang berada di luar tanpa atap. Dalam kondisi hujan seperti itu kondisi jualan yang menjadi mata pencarian mereka jadi memprihatinkan.

Tentang kondisi Pasar Teritip di Balikpapan Timur yang buka hanya setiap hari Jum’at, Cawagub Safaruddin mengatakan pasar adalah tempat bertemunya warga. Pasangan ini punya komitmen untuk melakukan membangun pasar menjadi kawasan yang sehat dan modern. Sebagaimana fasilitas umum yang digunakan untuk pertemuan, konsep pasar semestinya menunjang wisata.

Ada ratusan pasar di Kaltim nasibnya nyaris sama dengan pasar Teritip. Kalau hujan deras, air akan masuk dan membuat banjir serta tidak punya drainase.

“Saya kira ini semua sumbernya adalah karena pemerintahnya tidak peduli. Pada pemerintahan kami nanti, kami yakinkan pemerintah akan hadir bersama pedagang dan masyarakat,” ucap Safaruddin. (LVL)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password