Hasil Riset Metode DTDI  Paslon Nomor 4 Raih 37,23 % Suara

Konfrensi Pers REKAT. (foto:LVL)

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Relawan Kaltim Hebat (REKAT) mengajak masyarakat Kaltim untuk tidak Golput pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim periode 2018-2023, yang akan digelar pada hari Rabu 27 Juni 2018.

Hal ini disampaikan Irsyad, Ketua REKAT Kaltim di acara konfrensi pers yang dilaksanakan di Hotel Mesra, Minggu (8/4/2018) siang.

Irsyad menilai tingginya angka Golput pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2015 lalu, yang mencapai 43% berpotensi menjadi ancaman pada pemilihan Gubernur Kaltim 2018.

Masyarakat lebih banyak memilih melaksanakan aktifitasnya masing-masing ketimbang datang ke tempat pemungutan suara (TPS).

Rendahnya kesadaran masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam menentukan masa depan Kaltim, mendorong terbentuknya tim Relawan Kaltim Hebat atau disingkat REKAT.

Tujuan terbentuknya REKAT tidak lain untuk mengakomodir dan memberikan pendidikan politik kepada masyarakat, agar mereka dapat menggunakan hak pilihnya sebaik mungkin.

“Inilah yang mendasari terbentukanya REKAT, paling tidak kita dapat menekan jumlah angka Golput,” sebut Irsyad kepada wartawan.

Selain mengakomodir dan memberikan pendidikan politik, REKAT juga menghimbau agar masyarakat Kaltim bisa lebih cerdas dalam memilih Cagub dan Cawagub Kaltim untuk 5 tahun ke depan.

Karena itu, REKAT menurunkan ribuan relawannya ke Kabupaten/Kota untuk melakukan riset dan kajian terhadap kiprah, sepak terjang Keempat Paslon.

Hasil riset Door to Door Interview (DTDI) ini menunjukkan 37,23% dari 125.000 rumah di 7 Kabupaten/Kota, sebagian besar masyarakat lebih banyak memilih pasangan calon (Paslon) Rusmadi-Safaruddin, nomor urut 4, kemudian disusul Paslon nomor 3 Isran Noor-Hadi Mulyadi, 23,70% dan 21,83% untuk Paslon nomor 2, Syaharie Jaang-Awang Ferdian Hidayat.  Terakhir 17,23 % untuk Paslon nomor 1 Andi Sofyan Hasdam-Rizal Effendy.

“Ini di luar dugaan, ternyata masyarakat antusias menginginkan pemimpin wajah baru dengan program yang lebih efektif mengatasi segala persoalan yang ada di Kaltim.

Dari 10 program Dasa Cita Rusmadi-Safaruddin, yang paling banyak diminati masyarakat adalah program Kaltim sehat, Kaltim Swasembada pangan dan Kaltim kreatif.

Program tersebut dinilai tidak muluk-muluk, dianggap cepat dan mudah direalisasikan.

Sedangkan alasan memilih Paslon nomor 4 Rusmadi-Safaruddin, karena masyarakat menilai kedua Paslon tersebut adalah pemimpin teladan dan bersih.

“Programnya jelas terukur untuk memajukan Kaltim,” terang Irsyad menyampaikan hasil riset tersebut kepada wartawan. (ib)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password