Pilgub Kaltim, Polisi Gelar Simulasi Jelang Penetapan Paslon

Kombes Heri Heryandi

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Pihak keamanan terdiri dari Polisi dan TNI menggelar simulasi pengamanan pasangan calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur serta anggota KPU Kaltim di Kantor KPU Kaltim, Jalan Basuki Rahmat, Samarinda, Minggu (11/2/2018) pagi.

Satu unit mobil Barakuda dan satu unit Tambora tampak dalam simulasi mendukung pasukan Gegana, serta ratusan anggota Polisi lainnya serta anggota TNI.

Kombes Heri Heryandi, Karo Ops Polda Kaltim yang ditemui di lokasi mengatakan, dalam rangka pengamanan kegiatan untuk tanggal 12 Februari, acara penetapan pasangan calon dan tanggal 13 Februari 2018, acara pencabutan nomor urut pasangan calon. Jumlah pengamanan yang disiapkan sejumlah 616 personil yang terdiri dari Polres Samarinda sendiri 251, kemudian dari Brimob 139 dari Korem 64 Kemudian dari POM TNI 5 orang, kemudian dari Sabhara Polda 51 orang.

“Insya Allah mungkin sore ini bergeser,” sebut Kombes Heri.

Selain itu, lanjutnya, juga ada dari Batalyon 611 sebanyak 100 orang.

“Dan ini tidak menutup kemungkinan akan ada tambahan lagi, karena untuk diketahui bahwasanya pengamanan kegiatan Pilkada 2018 ada MoU antara Panglima dan Kapolri,” jelasnya lebih lanjut.

Dalam MoU itu, lanjutnya, mengatakan TNI memberikan back up kekuatan kepada Polisi sejumlah 2/3 kekuatan dari yang diturunkan untuk pengamanan ini.

“Jadi ini supaya tidak terjadi miskomunikasi, kenapa TNI kok dilibatkan. Ini tidak lain karena seluruh provinsi melaksanakan Pilkada kecuali Papua Barat dan Daerah Istimewa Jogyakarta,” imbuhnya.

Aparat yang diturunkan ini termasuk dengan anggota Polisi lalu lintas yang melaksanakan pengaturan jalan-jalan, yang menuju atau kembalinya para pasangan calon. Karena masing-masing pasangan calon ini ada tempat berkumpulnya.

“Jadi kegiatan ini tidak akan mengganggu aktivitas keseharian masyarakat, karena kebetulan kegiatan ini pas juga pada jam-jam sibuk kantor,” tandasnya.

Untuk kegiatan ini, Jalan Basuki Rahmat akan ditutup sejak Pukul 08:00 Wita hingga kegiatan selesai. (LVL)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password