Terombang Ambing, Pemancing Diselamatkan Tim SAR dan Lantamal XIII Tarakan

Evakuasi 4 orang pemancing dari kapal yang mengalami kerusakan. (foto:Tim SAR)

DETAKKaltim.Com, BULUNGAN : Tim SAR Gabungan yang yang terdiri dari 2 Personil Pos SAR Tarakan masing-masing Yuhan BS dan Hamsah dan 3 Personil dari Lantamal XIII, berhasil menyelematkan 4 orang dari tengah laut setelah kapal yang digunakannya memancing mati mesin dan terombang ambing, Minggu (28/1/2018) Pukul 02:30 Wita.

“Kondisi keempat korban saat ditemukan dalam kondisi selamat, dan sedang terombang ambing di kapalnya,” ungkap Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan, Kaltim Kaltara (Kaltimra) Gusti Anwar Mulyadi melalui Kasie Operasi dan Siaga Octavianto beberapa jam setelah korban berhasil diselamatkan.

Para korban masing-masing Susanto (50), alamat Jalan Slamet Riyadi RT 10.  Andi Sariaman (46) alamat Jalan Imam Bonjol RT 20. Anton Sujarwo (42) warga Jalan Bhayangkara RT 65, dan Muchlis Muhammad Amin (52) warga Jalan Kusuma Bangsa Rusunawa RT 31. Keempatnya merupakan warga Kota Tarakan.

Sebelumnya, Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan, Kaltim Kaltara (Kaltimra) menerima informasi dari Kepala Siaga Harian Pos SAR Tarakan Yuhan Budi Soeharto yang menerima infomasi dari Zulkifli, anggota Polres Tarakan, bahwa kapal nelayan bermuatan 4 orang mengalami mati mesin dengan kondisi kapal kemasukan air di perairan Pulau Bunyu, Bulungan, pada posisi 03 ° 23′ 966″ N / 117° 55′ 473″ E, Sabtu (27/1/2018) Pukul 20:15 Wita.

Pukul 21:30 Wita, personil Pos SAR Tarakan 2 orang langsung berkoordinasi dengan pihak Lantamal XIII Tarakan untuk proses penjemputan dan evakuasi korban tersebut, dengan menggunakan Speed Boat milik SATKAMLA Sekatak.

Korban akhirnya ditemukan pada posisi 3° 23′ 966″ N /117° 55′ 473″ E sejauh -/+ 21 Nm dengan Heading 45° ke arah Timur Laut dari Pos SAR Tarakan.

“Karena Korban hanya mengalami mabuk ringan, Personil Pos SAR Tarakan langsung membawa dan menyerahkan korban kepada pihak keluarga. Karena kondisi masih stabil,” tandas Octa. (LVL)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password