AP I Siap Kelola, Beberapa Rute Penerbangan Bandara SAMS dan APT Pranoto Beda

Awang Faroek Ishak saat mengunjungi Bandara APT Pranoto akhir tahun 2016. (foto:MS77)

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Handy Heryudhitiawan, General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) menyebut Bandara APT Pranoto Samarinda sangat prospektif untuk kerja sama pemanfaatan.

Selain Samarinda, Angkasa Pura I (AP I) menyampaikan jika Kemenhub menawarkan beberapa bandara untuk dikelola secara penuh. Yakni, Bandara Komodo di Nusa Tenggara Timur, Bandara Syukuran Aminuddin Amir di Sulawesi Tengah, Bandara Sentani di Papua, dan Bandara Mutiara Sis Al Jufri di Sulawesi Tengah.

“Kami senantiasa ikuti perkembangan. Secara garis besar untuk kami di Balikpapan siap bilamana Bandara Samarinda diminta untuk dikelola AP 1,” jelas Handy Heryudhitiawan saat dihubungi melalui Whatsappnya, Kamis (25/1/2018).

Disebutkannya, sebanyak 50% dari pergerakan penumpang di Bandara Sepinggan berasal dari penerbangan angkutan haji.  Sementara pihaknya menilai potensi kapasitas maksimal penumpang di Bandara Samarinda Baru mencapai 2 juta orang.

Sebelumnya, Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak menjamin rute Bandara APT Pranoto tidak akan mengganggu rute penerbangan Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Balikpapan.

Berita terkait : Target Februari Runway Teraspal, Cuaca Hambat Pembangunan Bandara APT Pranoto

Gubernur menyebutkan, persaingan bisnis penerbangan antara bandara kedua kota ini menjadi hal biasa seperti yang terjadi di Negara maju.

Sebelumnya, Awang menyebutkan telah menghubungi maskapai penerbangan seperti Garuda untuk mengalihkan home basenya ke Samarinda. Sudah ada beberapa maskapai yang menanggapinya dengan baik.

“Dan ada beberapa rute baru nantinya yang tidak sama dengan Bandara Balikpapan. Seperti Samarinda ke Palu, Makassar, Mamuju, Manado, Pontianak, Banjarmasin, Palangkaraya dan Surabaya,” jelas Awang. (Rsk)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password